Kesehatan

Sambut Penilaian Verifikasi Tentang Perilaku Bebas Buang Air Besar Sembarangan, Danramil 1008-01/Muara Uya Turun Ke Sungai

MediaCenter, Tabalong – Danramil 1008-01/Muara Uya Kapten Inf Uung dan anggotanya bekerjasama dengan Puskesmas, Kecamatan, Personil Polsek  dan Perangkat Desa Kecamatan Muara Uya turun ke sungai melaksanakan pembongkaran Jamban Terapung di bantaran sungai Muara Uya, Desa Muara Uya, Kecamatan Muara Uya pada hari Senin, 16 Maret 2020.

Kegiatan ini dalam rangka persiapan menyambut penilaian verifikasi dari tingkat Provinsi mengenai Open Defecation Free (ODF) atau perilaku bebas buang air besar sembarangan, yang mana hal tersebut sebagai upaya mendukung Gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya dengan melakukan penertiban jamban liar.

Danramil 1008-01/Muara Uya Kapten Inf Uung menyatakan bahwa Pembongkaran Jamban ini juga bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memiliki air sungai yang bersih dan sehat.

“Dalam kegiatan ini kami berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Puskesmas Muara Uya, dan Kepala Desa untuk pembongkaran jamban. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan dan perhatian kepada masyarakat untuk lebih menerapkan pola hidup sehat” Terang Kapten Inf Uung.

Senada dengan penjelasan Kapten Inf Uung, salah satu petugas dari Puskesmas Muara Uya yang ikut dalam pelaksanaan pembongkaran jamban terapung menyatakan bahwa kebiasaan masyarakat yang masih berprilaku buang air besar ke sungai, harus menjadi perhatian kita bersama. Karena kebiasaan yang kurang baik itu sangat berdampak terhadap kesehatan. (Tim)

Ke Atas