Pemerintahan

Tiga Kecamatan di Tabalong Bakal Mendapatkan Zona Nilai Tanah

RadioSuaraTabalong – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Tabalong melakukan penandatangan surat perjanjian kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong terkait Penyusunan Peta Zona Nilai Tanah (ZNT) di Kabupaten Tabalong.

Kerjasama ini bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi,sumber dan pola kerja peta kumpulan area bidang tanah yang bersifat sesuai penggunaannya serta dapat dimanfaat kedua belah pihak.

Kepala BPPRD Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani menyampaikan Perjanjian ini pertama kalinya dilakukan di Tabalong dalam upaya untuk menyamakan konsep antara pemkab Tabalong dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong,

“Melihat dari perkembangan di Tabalong semakin pesat setiap harinya dan berkembang secara dinamis,tentunya ini berimbas kepada kondisi tanah di tabalong, Oleh karena itu kami merasa perlu menjalin kerjasama dengan kantor pertanahan tabalong dalam menyusun ZNT,” katanya.

Menurutnya Erwan setelah perjanjian ini, efektik dilaksanakan mulai bulan april dengan membentuk tim berdasarkan SK Bupati, sedangkan anggaran menggunakan dana APBD Pemda Tabalong sebesar seratus juta rupiah,

Adapun untuk tahap pertama akan dilaksanakan diwilayah tengah di Tabalong dan yang akan prioritaskan yakni kecamatan Tanjung, Murung Pudak dan tanta.

“Harapan kami semua kecamatan di Tabalong ini akan mempunyai dokumen ZNT, perkembangan semakin pesat ,nilai tanah semakain meningkat tentu kita harus punya dokumen yang resmi ,nanti setelah dokumen selesai akan nanti kita buat payung hukumnya,paling tidak peraturan bupati Tabalong,” papar Erwan

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong, Agus Sugiono menyambut baik adanya perjanjian ini, dimana dalam kementrian ATR BPN sudah mewajibkan bahwa didalam pelayan yang berkaitan dengan peneriman negara bukan pajak, nantinya PNPP semua pelayanan nanti akan dan harus mengacu pada zona nilai tanah.

“Sebenarnya ini gayung bersambut dari keinginan kami, dimana kami nantinya sebagai user menggunakan peta ZNT didalam pelayanan yang kita lakukan kepada masyarakat dan kami senang sudah dilibatkan dalam sebuah tim,”jelasnya.

Dirinya berharap,Mudah mudahan dalam tahun ini juga kalau ini memang sukses dengan adnya abete diharapkan bisa menyusul untuk kecamatan lain sehingga bisa mempermudah dan menunjang dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat di Tabalong. (Said)

Ke Atas