Khas Daerah

Program Baznas Ibu Hamil Sehat Tasmiyahkan 28 Bayi

MediaCenter,Tabalong – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan gelar syukuran dan tasmiyah bersama (pemberian nama) anak Program Ibu Hamil Sehat yang diikuti 28 peserta, di Wisma Tamu Pendopo Bersinar, Kamis (14/11/2019).

28 bayi yang menjalani tasmiyah ini terdiri dari 13 bayi bayi laki-laki dan 15 bayi perempuan.

Dalam kegiatan tasmiyah ini juga dirangkai dengan bacaan Salawat, ayat suci Alquran dan dilanjutkan dengan prosesi pemberian nama.

Ketua Baznas Kabupaten Tabalong, H Mardani, mengatakan, tanpa dukungan dari berbagai pihak program ini tidak bisa jalan, terutama Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

“Kami selalu berharap bimbingan dan pengawasan setiap saat kepada kami. Karena yang kami laksanakan ini adalah tugas pemerintah di bidang keagamaan,” tutur Mardani.

Dia juga menambahkan, jika bantuan program ibu hamil diberikan kepada warga di Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, dan Tanta.

“Setiap dua minggu sekali kami menggelar pertemuan, memberikan bantuan makanan langsung dan bantuan lainnya,” tambahnya.

Selain program ibu hamil, Baznas Kabupaten Tabalong juga terus berupaya melakukan sosialisasi pembayaran zakat profesi yang saat ini terus disosialisasikan kepada seluruh ASN dalam lingkup Pemkab Tabalong.

Sementara itu dalam sambutan Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Selatan, HG (P) Rusdi Effendi A.R mengatakan, program ibu hamil sehat bertujuan untuk meminimalisir kemiskinan dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam masa kehamilan.

Dari bantuan yang diberikan, satu orang ibu mendapatkan Rp5 juta yang disalurkan dalam bentuk makanan.

“Pengumpulan zakat melalui Baznas di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan juga terus meningkat, dari target Rp9 miliar saat ini telah terkumpul Rp8,9 miliar dan diperkirakan hingga akhir Desember nanti bisamencapai Rp10 miliar,” tutur Rusdi.

Terpisah, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, mengatakan, jika penerapan program ibu hamil sehat mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemkab Tabalong.

“Kami berharap kehadiran Baznas dan pengurus bisa menjadi motivasi untuk terus aktifkan UPZ dan akan terus optimalkan ASN membayar zakat profesi,” tutur Anang.

Selain syukuran dan tasmiah warga dari program ibu hamil sehat juga mendapatkan bantuan makanan dan akta kelahiran bayi. (MC Tabalong/Maimun).

Ke Atas