Sosial & Budaya

Gelar Kegiatan Adiwiyata, Pelajar SMPN 1 Tanta Dituntut Jaga Lingkungan Hidup

MediaCenter, Tabalong-Demi mengurangi tercemarnya sampah di sekolah, SMPN 1 Tanta gelar kegiatan perogram Adiwiyata untuk ke tiga kalinya, Sabtu (26/10/2019)

Kali ini kegiatan mengangkat tema “Spensata Creative Expo 2019” Membentang Karya Merajut Harmoni.

Kegiatan ini dinilai positif karena anak-anak bisa belajar sekaligus mengekspresikan diri baik dalam hal kesenian, bercocok tanam, dan menjaga lingkungan dengan mendaur ulang limbah dalam bentuk kesenian yang dapat digunakan kembali.

Kepala SMPN 1 Tanta, Rini Sundari, mengatakan, setiap Jumat pihak sekolah meluangkan waktu selama dua jam kepada para pelajar di luar jam pelajaran.

“Jadi masing-masing pokja di green house itu ada siswa tertentu yang dikoordinasi oleh guru bekerja, dan di bank sampah ada, pertanian hidroponik, kolam, pokja kantin, pokja toilet, kebun depan, hutan sekolah, dan kebun belakang. Kegiatan itu merupakan kebiasaan kami,” ujarnya saat diwawancarai.

Dia juga menambahkan produk dari kegiatan adiwiyata dipublikasikan beraneka macam, diantaranya mengubah limbah menjadi kerajinan tangan, pupuk kompos, dan di distribusikan ke tanaman-tanaman yang berada di lingkungan sekolah.

Berbagai jenis kerajinan tangan pun dipamerkan dari hasil limbah yang telah disaring, bekerja sama dengan bank sampah setempat untuk mengurangi sampah dan mendaur ulang agar dapat digunakan kembali.

Jenis limbah yang dimanfaatkan antara lain limbah plastik, kaca, kertas, kulit kayu, tumbuhan, dan kain.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong,Taufiqqurahman, mengatakan kegiatan ini melibatkan pelajar yang merupakan sebuah perwujudan Adiwiyata sekolah dengan edukasi anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan hidup.

“Pada saat ini, ketika mereka duduk pada usia 14 hingga 15 tahun inilah usia yang sangat strategis untuk memberikan pemahaman, kepada mereka tentang pentingnya melestarikan lingkungan,” katanya

Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong pun mengapresiasi kegiatan Adiwiyata yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Tanta, dan berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan banyak melibatkan pihak-pihak lain. (MC Tabalong/Maimun).

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Ke Atas