Kesehatan

Kick Off Penanaman Rehabilitasi Hutan Lindung 2019, 1000 Pohon Ditanam

MediaCenter, Tabalong- Guna menjaga kelestarian hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong, menggelar Kick Off Penanaman Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) 2019.

Kegiatan dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) ini dilaksanakan di Hutan Kota Tanjung, Jumat (25/10/2019).

Gubernur Kalsel dalam sambutan tertulis yang dibacakanSekretaris Daerah Kabupaten Tabalong H AM Sangadji, menyampaikan, gerakan ini sebagai respon untuk mengurangi lahan-lahan kritis, pemulihan daerah aliran sungai serta pemberdayaan masyarakat di sekitar.

“Meningkatkan kesadaran bahwa hutan dan lingkungan penting bagi kehidupan, salah satunya dengan penanaman pohon, dan menjaga lingkungan hidup,” katanya.

Disampaikannya juga, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yang perlu dilakukan kajian-kajian ekonomi.

Sehingga gerakan penanaman pohon sebagai bagian rehabilitasi hutan dan lahan dapat menunjang perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala KPH Kabupaten Tabalong, Heriadi, mengatakan, kegiatan kick off gerakan pemulihan daerah aliran sungai di masing-masing daerah ini dilakukan serentak di wilayah Kalsel.

“Gerakan ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), sesuai dengan gerakan revolusi hijau yang sudah dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan akhir 2016 lalu,” ujar Heriadi saat diwawancarai usai kegiatan.

Selain penanaman pohon, pihaknya sudah bekerjasama dengan 13 kelompok tani hutan untuk meningkatkan aspek ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Tabalong.

“Kalau dulu rehabilitasinya hanya fokus pada aspek ekologinya sekarang akan fokus juga pada aspek ekonominya jadi nanti pohon yang kita tanam itu bisa bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat, Misalnya kita sudah memberikan secara gratis bibit Sengon, nanti tujuh tahun ada mekanisme yang membuat petani itu bisa memanfaatkan kayunya,” tambah Heriadi.

Selain kegiatan Kick Off Penanaman RHL 2019 dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai, KPH berserta jajaran Forkopimda Kabupaten Tabalong juga mengajak masyarakat agar menanam pohon dan menjaga Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penanaman pun sudah dilakukan di tiga titik, yakni SMKN Jaro, lingkungan RS Badaruddin, MTS Bilas dan puncaknya di Hutan Kota Tanjung, dengan total 1000 pohon telah ditanam. (MC Tabalong/Maimun).

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

310478
Users Today : 186
Users Yesterday : 554
This Month : 15897
Total Users : 310478
Views Today : 415
Total views : 2048240
Who's Online : 8

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/