Olahraga

Pospetab Ajang Tunjukan Bakat Santri

MediaCenter,Tabalong – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Madaniyah Jaro, Selasa (22/10/2019) di Kabupaten Tabalong berlangsung meriah.

Ini karena rangkaian tersebut bertepatan digelarnya Pekan olahraga dan Seni Pesantren Se-Tabalong ( Pospetab) yang pertama kalinya dilaksanakan untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Tabalong

Pospetab sendiri pelaksanaannya berlangsung selama dua hari, 22 dan 23 Oktober 2019, diikuti 1003 santri dari delapan Pondok Pesantren di Tabalong dengan 21 cabang yang diperlombakan.

Ketua Pelaksana Pospetab, Ustadz Murjani, mengatakan, terlaksananya kegiatan ini supaya para santri-santriwati yang memiliki bakat dan prestasi bisa diikutsertakan dan bisa tampil dalam event besar di tingkat nasional.

“Selama ini kan kita cuma tahu cuma segelintir santri saja yang punya bakat, padahal di luar sana banyak santri yang sudah memiliki bakat dan kreatif bahkan sudah mengikuti seleksi, dengan Pospetab ini lebih memberikan kesempatan itu,” kata Murjani.

Menurut Murjani, adanya kegiatan ini disambut antusias semua santri karena mereka berkesempatan menunjukan bakat mereka melalui pertandingan meskipun sesama rekan pesantren.

“Dan yang terpenting kalau ada event Pospesnas kita tidak susah lagi mencari ,tinggal mengambil hasil dari catatan prestasi santri yang sudah memiliki prestasi di 21 Cabang Nasional, jadi sebagai bentuk persiapan kita,”lanjutnya.

Atas dasar ini, kata Murjani dirinya berinisiatif dan berkomitmen kepada semua pendiri atau pengelola ponpes agar pospetab ini bisa dilaksanakan setiap tahun, sebab yang ingin capai dari penyelenggaran ini sebenarnya adalah kebersamaan, adanya komunikasi yang jalan dan terjalin antara satu ponpes dengan ponpes lainnya.

Harapan Murjani dengan kegiatan ini, santri itu bisa berkesenian dan berolahraga normal seperti siswa -siswi sekolah di luar sana dan punya kesempatan punya pasar menjual prestasi dan kreativitas yang bisa ditampilkan di panggung besar yang disaksikan masyarakat luas.

Sementara salah satu orang tua santri, Herlina dari Tanjung, menilai adanya Pospetab ini sudah sangat bagus karena bisa menunjukan bakat dan kreatifitas anaknya.

“Pospetab ini menjadi tempat dalam menampilkan dan mengembang bakat anak saya, kalau bisa kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahunnya, agar prestasi itu bisa dibawa ke tingkat lebih tinggi lagi,” tutupnya. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas