Kesehatan

Tahun Ini Tabalong Targetkan ODF

MediaCenter, Tabalong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong targetkan desa yang belum Open Defication Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan bisa terealisasi tahun ini juga.

Ini terungkap pada acara rapat monitoring dan evaluasi perencanaan program tingalkan buang air besar sembarangan untuk Tabalong Sehat (TUNTAS) dan persiapan Tabalong ODF tahun 2019 di aula Bappeda Kabupaten Tabalong, Selasa (22/10/2019).

Kegiatan ini dihadiri langsung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tabalong, Zulfan Noor dan Kepala Dinas Kesehatan, H Taufiqqurrahman, pihak kecamatan dan aparat desa se Kabupaten Tabalong.

Saat ini ada beberapa titik dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong belum yang menerapkan ODF di wilayahnya.

Ini juga ditandai dengan masih adanya jamban apung di beberapa lokasi aliran Sungai.

“Saya berharap 20 desa yang belum melaksanakan program TUNTAS sebelum akhir 2019 Kabupaten Tabalong sudah bebas dari buang air besar sembarangan atau Open Defication Free (ODF),” tutur Zulfan Noor saat memberikam sambutan.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, menambahkan sebelum akhir 2019 tidak ada lagi jamban apung yang terlihat di aliran sungai Tabalong.

“Saya berharap aparat kecamatan dan desa selalu mengadakan kegiatan yang sifatnya memicu, mendampingi, dan memonitor perilaku masyarakat dalam menghentikan kebiasaan buang air besar sembarangan, sehingga dalam tatanan desa terwujud kondisi terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan,”tuturnya. (MC Tabalong/Mona)

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Ke Atas