Pedidikan

SMAN 1 Tanjung Wakil Tabalong Lomba UKS Tingkat Provinsi Kalsel

MediaCenter,Tabalong – Terpilihnya SMAN 1 Tanjung sebagai sekolah dalam penilaian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Tabalong.

Para pelajar menyambut antusias kedatangan Wakil Bupati Tabalong H Mawardi dan peserta tim penilai dari Provinsi Kalsel dengan diisi berbagai pertunjukan seni para pelajar di halaman SMAN 1 Tanjung, Senin, (21/10/2019).

Selain untuk penilaian UKS, tim dari Provinsi Kalsel dan rombongan juga memberikan pembinaan kepada SMAN 1 Tanjung.

Adanya kegiatan ini diharap akan menghasilkan satu komitmen bersama dalam pelaksanaan Program UKS di semua jenjang pendidikan Kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya H Mawardi optimis, dengan kebersamaan dan kekompakan antara guru, peserta didik, dan warga sekolah dalam penilaian UKS ini, sekolah akan mampu berprestasi di tingkat provinsi bahkan ke tingkat Nasional.

“Sekolah yang sehat mencerminkan sekolah bersih, hijau, rindang indah dan nyaman. Sekolah juga harus aman dari perilaku bullying yaitu tindakan merendahkan, menghina, atau menyerang baik secara fisik atau psikis,” tutur Mawardi saat menyampaikan paparannya.

Persiapan pelaksanaan penilaian UKS ini dibina langsung tim UKS kabupaten Tabalong, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas Murung Pudak.

Setelah pembinaan pihak sekolah menindak lanjuti sesuai dengan pokja-pokja, sehingga sektor instrument kegiatan sekolah sehat bisa terealisasikan untuk mewujudkan komitmen perilaku hidup sehat SMAN 1 Tanjung.

Penilaian lomba terdiri dari pemengmbangan program UKS di sekolah antara lain pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, termasuk penggunaan lingkungan sehat.

Sementara itu dari tim penilai lomba UKS tingkat provinsi, dr Rinah Dharmawati mengatakan, sekolah sehat adalah komitmen menjalankan kebiasaan untuk pola hidup bersih, sehat, dan menjaga lingkungan agar tetap bersih secara berkesinambungan.

“Mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, karena untuk pengembangan program UKS ini bukan sekedar prosesnya, tetapi outputnya yang bisa kita ukur.” Ujar Rinah.

Kegiatan penilaian lomba UKS SMAN 1 Tanjung mendapat apresiasi dari PT Adaro Indonesia dengan bantuan sekolah sehat program CSR PT Adaro Indonesia tahun 2019 dengan jumlah bantuan dana sebesar Rp 150 juta untuk empat sekolah di Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Maimun).

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Ke Atas