Sosial & Budaya

Jalan Lancar, Salikung Tidak Lagi Jadi Desa Terbelakang

MediaCenter,Tabalong – Setelah menunggu lama, di tahun 2019 masyarakat Desa Salikung, Kecamatan Muara Uya, bisa merasakan akses jalan darat yang lancar.

Desa yang merupakan desa terpencil ini sudah tidak lagi menjadi desa yang terbelakang.

Pasalnya, masyarakat di desa ini sudah bisa memasarkan hasil tani mereka ke ibukota kecamatan ataupun kabupaten.

Seorang tokoh masyarakat Desa Salikung, H Abdul Muthalib, yang merasakan dengan lancarnya jalan dari Salikung menuju muara uya kini dirinya bersama warga lain sudah bisa pulang pergi membawa hasil tani seperti karet dan lada secara berturut turut.

“Kalau dulu perlu waktu tiga sampai empat jam menuju Muara Uya, kini cukup tiga puluh menit membawa karet, bahkan bisa tiga hingga empat kali dalam sehari membawa karet ke Muara Uya,” kata Thalib saat menerima kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Tabalong bersama dengan Kepala Dinas PUPR Tabalong di Salikung, Sabtu (12/10/2019).

Jalan yang memiliki panjang 21 kilometer dan lebar enam meter dari Desa Binjai hingga Mimban ini telah selesai dilakukan pelebaran dan pengerasan.

Wakil Ketua DPRD Tabalong, Jurni, mengatakan dengan mulusnya jalan ini warga Desa Salikung tidak lagi tertinggal, dan pihaknya akan terus memperjuangkan hingga selesainya proses pengaspalan jalan.

“Alhamdulillah, perbaikan jalan ke Salikung tidak ada hambatan lagi, dan sesuai janji kami di periode kami dan masa jabatan Bupati Anang Syakhfiani tidak ada lagi desa yang terpecil dan tertinggal,” kata Jurni.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Tabalong, M Noor Rifani, menjelaskan jalan ini akan terus dilakuan perbaikan, bahkan di tahun depan sudah dilakukan penganggaran untuk jalan ini.

“Tentunya ada tahapan yang harus dilakukan tidak bisa sekaligus, karena memang medannya ekstrim dan panjang tadi memerlukan proses yang lama dan dana yang besar,” kata Rifani.

Namun dia berharap warga Desa Salikung bisa terus merawat jalan ini sehingga jalan ini bisa berusia lebih lama. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas