Sosial & Budaya

Program PKH Turunkan Angka Kemiskinan

MediaCenter,Tabalong – Penurunan angka kemiskinan terutama dilihat dari warga yang berhenti menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Pugaan semakin meningkat.

Hal itu disebutkan Camat Pugaan, Tazeriyannor, saat kegiatan penyerahan simbolis bantuan sosial pangan daerah di Kecamatan Pugaan, Selasa (1/10/2019)

Adapun penurunan kemiskinan itu terlihat dari peserta PKH yang berinisiatif mengundurkan diri mencapai 73 orang .

Di antaranya dari Desa Jirak 2 orang, Desa Pugaan 3 orang , Desa Halangan 7 orang, Desa Pampanan 3 orang, Desa Sei Rukam ll ada 12 orang dan Desa Tamunti sebanyak 46 orang.

Atas inisiatif itu, pemerintah daerah melalui Camat Pugaan, Tazeriyannor, mengapresiasi dan penghargaan atas tindakan warga tersebut yang dengan sukarela mengundurkan diri dari anggota PKH.

Selain itu Tazeriyannor juga mengimbau kepada warga PKH lainnya agar meninjau lagi untuk melihat dirinya masing-masing dalam layak tidaknya mendapatkan bantuan PKH

“Terimakasih saya ucapkan kepada peserta PKH atas inisiatifnya, kami juga membuka diri dan siap menerima bagi warga yang ingin mengundurkan diri, supaya kita bisa memberikan kesempatan bagi warga kurang mampu lainnya,”imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi, menanggapi dengan positif adanya penurunan angka kemiskinan dari adanya sejumlah inisiatif warga yang mengundurkan diri dari keanggotaan PKH

“Jadi bagi yang merasa tidak perlu akan bantuan ini agar secepatnya melapor, karena masih ada keluarga kita yang kurang mampu yang ingin juga mendapatkan program ini,” tuturnya.

Oleh karena itu Mawardi mengimbau kepada kepala desa agar data prasejahtera dan data PKH warga yang berhak menerima bantuan agar didata secara baik.

Mengingat bantuan atau dana yang diserahkan kepada warga ini nantinya akan diperiksa oleh badan pemeriksa keuangan.

Dirinya berharap dengan perhatian yang diberikan pemda maupun pemerintah pusat dapat berupa bantuan ini bisa digunakan sebaik mungkin supaya dapat meringankan beban keluarga.

Sebagai informasi jenis bantuan yang diberikan bersumber dari APBN sebesar 110 ribu rupiah perorang berupa non tunai dengan kartu berwarna merah putih sedangkan bantuan dari APBD menggunakan kartu berwarna hijau kujing tanpa gesek yang bisa dibelanjakan di E Warung.

Terakhir kegiatan wakil bupati secara simbolis menyerahkan langsung kepada sejumlah warga penerima bantuan.

Diantaranya, 5 orang penerima kartu indonesia sehat, 5 orang penerima bantuan PKH, 5 orang non PKH, 3 orang KPM lanjut usia dan 3 orang anak KPM berprestasi. (MC Tabalong/sy).

Ke Atas