Sosial & Budaya

Pengelola Sampah Bisa Kredit Modal dengan Bunga Nol Persen

MediaCenter, Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dukung pengelolaan sampah bagi masyarakat dengan kredit Gerakan Pembangunan Masyarakat Mandiri (Gerbang Emas).

Ini disampaikan dalam sosialisasi optimalisasi pengelolaan sampah, sinergitas antar pengelola sampah yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Selasa, (1/10/2019) di Wisma Tamu Pendopo Bersinar.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, mengatakan, masyarakat harus melakukan inovasi untuk tranformasi, menurutnya sampah mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, sampah bisa pula dikelola.

“Jika dikelola dengan baik satu kilo sampah, yang mempunyai nilai ekonominya bisa sampai 85 persen, residu yang dibuang hanya 15 persen. Tidak perlu TPA yang besar, asal ada upaya dari rumah tangga untuk menekan jumlah timbunan sampah,” ujar Anang saat menyampaikan sambutan.

Disampaikannya, dalam hal persampahan ini PT BPR mempunyai kebijakan kredit kepada pelapak dan pengelola sampah dengan program pemerintah Gerbang Emas, bukan berupa bantuan melainkan pinjaman oleh Bank-nya Banua Tabalong.

“Adanya kerjasama dengan PT BPR, akan memudahkan bagi pengelola sampah maupun lapak-lapak dalam mengajukan kredit dengan bunga nol persen, tetapi tetap membayar biaya provisi lima persen,” tambahnya.

PT BPR Tabalong Bersinar dapat membantu dan menjadi nilai tambah bagi pelaku lapak, Bank Sampah dan pengelolaan sampah lainnya dengan penguatan modal.

Sementara itu, Direktur Operasional PT BPR Tabalong Bersinar, Suhardi, mengatakan, sudah ada pinjaman dari usaha seperti pedagang kaki lima, pedagang di pasar dan UKM.

“Sudah launcing untuk tahap pertama, sudah satu tahun selesai, dan untuk sosialisasi pengelolaan sampah ini akan launcing setelah menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ucap Suhardi saat diwawancarai.

Suhardi juga menambahkan kawan-kawan dari pelapak, bank sampah, dan pengelola sampah lainnya bisa mengajukan ke PT BPR untuk kredit modal. (MC Tabalong/Maimun)

Ke Atas