Kesehatan

Bupati Ingatkan Jangan Taruh Sampah di Trotoar

MediaCenter, Tabalong – Upaya untuk terus meminimalisir sampah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong dengan menggelar sosialisasi optimalisasi pengelolaan sampah sinergitas antar pengelola sampah.

DLH juga bekerjasama dengan Pelapak dan Bank Sampah agar bisa mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bisa digunakan kembali.

Sosialisasi ini dihadiri langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani Selasa, (1/10/2019), di Wisma Tamu Pendopo Bersinar.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk sinergitas antara pelaku pengelola sampah ataupun kegiatan pengelolaan sampah di Kabupaten Tabalong antara Pelapak dan Bank Sampah.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan dengan kegiatan sosialisasi ini berarti pengelolaan sampah di Kabupaten Tabalong semakin berkembang.

“Sekarang berkembang, ada bank sampah, pelapak dan lainnya. Artinya orang Tabalong tingkat peradabannya semakin meningkat,” ujarnya saat menyampaikan paparan.

Dia juga menegaskan kalau ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Saya ingin mengingatkan seluruh masyarakat Tabalong supaya kita bersama mewujudkan Kabupaten Tabalong yang bersih. Jangan Kabupaten Tabalong ini hanya dijadikan sebagai tempat untuk mencari nafkah, tetapi sampah-sampah diletakan di trotoar,” tegas Anang.

Menurut Anang siapapun yang tinggal di Tabalong dianggap sebagai orang Tabalong.

“Tabalong akan lebih maju, bersih jika semuanya mencintai daerah ini,” tambahnya.

Rowi Rawatianice selaku Kepala Dinas Lingkingan Hidup Kabupaten Tabalong mengatakan harapannya agar masyarakat yang mencintai Kabupaten Tabalong dapat menjaga kebersihan bersama serta membuang sampah pada tempatnya dan dapat mengelola sampah dengan baik.

“Satu sisi kita mengedukasi masyarakat, dan disisi lain mulai ada penindakan untuk pembelajaran bagi masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Mudah-mudahan tidak sampai apa yang tertuang diperda sampai dipidana. Kita tetap mengutamakan edukasi kepada masyarakat supaya Tabalong dicintai masyarakatnya dengan pengelolaan sampah yang baik,” tutur Rowi saat diwawancarai usai sosialisasi. (MC Tabalong/Maimun).

Ke Atas