Pemerintahan

Bupati Minta Wartawan Tetap Lakukan Fungsi Kontrol Sosial

MediaCenter, Tabalong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong berikan apresiasi terhadap kinerja para wartawan yang sudah membantu dalam memajukan pembangunan.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyampaikan akan menyediakan fasilitas rumah untuk para wartawan.

“Di periode pertama kepemimpinan saya bersama DPRR sudah kita realisasikan pembangunan balai wartawan dan untuk periode kedua ini insyaallah akan kita bangunkan perumahan untuk para wartawan,” ucapnya saat memberi sambutan di Pelantikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tabalong masa bakti 2019 – 2022 di Pendopo Bersinar Pembataan, Senin (30/9/2019).

Sekitar satu hektar lahan akan disediakan Pemkab Tabalong untuk pembangunan perumahan wartawan tersebut.

“Insyaallah dengan dukungan DPRD dan mitra kerja kita akan membangunkan perumahan bagi teman-teman pers, paling lambat tahun 2022 sudah terealisasi,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan developer untuk pembangunan perumahan wartawan dengan DP rumah nol persen.

Ditegaskannya, perhatian dan dukungan ini bukan maksud untuk membungkam teman-teman pers dalam pemberitaan pemerintah daerah.

Seperti dibangunkannya gedung balai wartawan, tujuannya isupaya wartawan bsia bekerja lebih baik.

“Yang membuat tumbuh dan berkembangnya pers di Kabupaten Tabalong itu karena kita tidak pernah membungkam. Bayangkan koran-koran lokal kita kontrak semua tetapi mereka bisa menyampaikan sumpah serapah kepada seorang Bupati namun hal tersebut tidak jadi masalah, itulah sebuah jalinan kebersamaan positif antara pers dan pemerintah daerah,” beber Anang.

Disampaikannya juga, insan pers sangat dibutuhkan dalam penyebaran informasi pembangunan kepada masyarakat.

Karena tanpa itu pembangunan di Kabupaten Tabalong tidak akan pernah diketahui warga.

“Buat apa kita susah susah membuat sesuatu kalau warga kita tidak tahu. Nah karena itulah peran wartawan sangat penting,” pungkasnya

Terakhir Anang mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PWI Kabupaten Tabalong masa bakti 2019 – 2022.

“Mari sama-sama kita bersatu bekerjasama membangun Bumi Sarabakawa, beritakan yang bagus tetapi sosial kontrol tetap dilakukan,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi, mengatakan, pelantikan di Tabalong adalah pelantikan yang berbeda. Pasalnya jumlah pengurusnya yang terbilang banyak dari daerah lain.

“Ini merupakan bukti dari kepala daerah yang mengayomi wartawan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, kata Helmi, peran serta dari pihak terkait seperti perusahaan sangat penting dalam pembangunan di Kabupaten Tabalong.

“Semoga dengan dilantiknya anggota dan pengurus PWI Tabalong periode 2019-2022 ini dapat memberikan efek positif akan pembangunan di Kabupaten Tabalong,” ucapnya.

Diketahui, sebanyak 28 Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tabalong secara resmi dilantik hari ini, Senin (30/9/2019) di Gedung Pendopo Bersinar Pembataan.

Pelantikan tersebut dilakukan Ketua PWI Provinsi Kalimantan Selatan, Zainal Helmi dan disaksikan oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, Ketua DPRD Tabalong Mustafa, Dewan Penasihat PWI Pusat Gusti (P) H Rusdi Effendi, Ketua PWI Provinsi Zainal Helmi, besertaFachruddin Nor Penasehat PWI Provinsi, Pimpinan media, mitra kerja dan jajaran Pemerintah Daerah Tabalong serta TP PKK Tabalong. (MC Tabalong/Irwin)

Ke Atas