Sosial & Budaya

Direktur Penanganan Fakir Miskin Kemensos Puji Tabalong

MediaCenter, Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya melakukan pemberantasan terhadap warga yang dinilai kurang mampu di daerahnya.

Berbagai upaya yang dilakukan ini ternyata mendapat pujian langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI).

Ini disampaikan Direktur Penanganan Fakir Miskin wilayah II Kemensos RI, I Wayan Wirawan, saat menghadiri sosialisasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Perkotaan dan KUBE Reguler tahun 2019 di Pendopo Bersinar, Tanjung.

Dirinya melihat komitmen dari Pemerintah Kabupaten Tabalong dan fakta yang terjadi di lapangan sangat bagus.

Menurutnya, hanya Kabupaten Tabalong yang mengeluarkan dana daerah untuk menambah dana bantuan dari pusat.

“Saya yakin beliau (bupati) bisa memajukan, karena perhatian beliau melakukan langkah-langkah untuk sharing budget dengan pemerintah pusat. Seperti pusat memberi bantuan pangan non tunai (BPNT) dengan nilai Rp 110 ribu, beliau juga melalui APBD juga memberikan dengan nilai yang sama. Itu kan perhatian yang luar biasa,” jelasnya

Ditambahkannya, tahun depan Kemensos RI akan menambah BPNT yang sebelumnya Rp 110 ribu menjadi Rp 150 ribu.

“Meskipun Kabupaten Tabalong juga memberikan ataupun menambah bantuan melalui dana APBD, Kemensos tidak akan mengurangi bantuan tersebut. Malah tahun 2020 akan kita tambah Rp 40 ribu sehingga menjadi Rp 150 ribu,” tegasnya.

Dari data Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, jumlah penerima KPM yang bersumber dari pemerintah pusat sebanyak 9372. Sedangkan dari pemerintah daerah 3409.

Namun KPM yang tidak masuk data penerima dari pusat sebanyak 3409 itu pemerintah daerah membantu sebesar Rp.220.000 . (MC Tabalong/Irwin)

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Ke Atas