Kesehatan

Asap Rokok Bisa Menyebabkan ISPA

MediaCenter, Tabalong – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengimbau kepada warga untuk menghindari asap rokok di dalam rumah.

Pasalnya zat yang terkandung didalam asap rokok tersebut dapat mengakibatkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

ISPA dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni ISPA non-pneumonia dan ISPA pneumonia.

“ISPA adalah infeksi parah yang mengganggu fungsi pernapasan normal, biasanya terjadi pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru,” kata Kepala Dinke Kabupaten Tabalong, dr H. Taufiqqurrahman kepada MediaCenter Tabalong, Sabtu (21/9/2019) melalui ponsel seluler.

Menurutnya, pencegahan ISPA terkhusus pada bayi bisa dilakukan dengan meningkatkan status gizi berupa pemberian ASI dan menu gizi seimbang. Sehingga imunitas tubuh meningkatkan.

Tidak lupa, kata Taufiq, pemberian imunisasi yang lengkap.

“Kalau untuk dewasa sama dengan peningkatan gizi, istirahat yang teratur dan pada saat keluar rumah menggunakan penutup, berupa masker pada saat kabut asap. Mengingat kabut asap saat ini mengalami peningkatan,” katanya.

Dia menjelaskan, ISPA disebabkan kuman yang masuk kesaluran pernafasan yang diakibatkan rendahnya daya imun dibagian tertentu. Sehingga menyebabkan infeksi di saluran pernafasan.

“Nah kabut asap mengandung partikel partikel yang terhirup kedalam pernafasan yg bisa melemahkan sistem pertahanan di saluran nafas dan partikel yang berbahaya yang mengandung zat kimia bisa masuk kealiran darah,” katanya.

Dia menambahkan, akibat lemahnya sistem pertahan dibagian saluran nafas maka mengakibatkan orang lebih rentan terkena ISPA pada saat musim kabut asap.

“Di Kabupaten Tabalong, jumlah warga penderita ISPA pneumonia dari Januari 2019 hingga Agustus 2019 sebanyak 273. Sedangkan ISPA non pneumonia sebanyak 8225,” katanya.

Namun dari data penderita tersebut tidak ada yang meninggal dunia. “Sampai sekarang gak ada laporan,” pungkasnya. (MC Tabalong/Irwin)

Ke Atas