Sosial & Budaya

Pelajar Ikuti Salat Istisqa dan Doa bersama

MediaCenter,Tabalong –Menyikapi kondisi alam berupa kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan terutama di Kabupaten Tabalong, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tabalong melaksanakan salat Istisqa dan doa bersama,Rabu (18/9/2019),di halaman Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tabalong.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tabalong,Taufik Rahman mengatakan, dengan salat istisqa dan doa bersama ini harapannya bisa mendapatkan rahmat, berkah semoga segera diturunkannya hujan.

“Mudahan- mudahan dengan kegiatan ini, seperti yang kita inginkan Al
llah memberikan berkah dan menurunkan rahmatnya berupa hujan,sehingga kondisi yang kita rasakan sekarang ini bisa berakhir, “katanya.

Adapun salat Istisqa sendiri dipimpin langsung Ketua Majelis Ulama Kabupaten Tabalong, H Sabilal Rusdi, sebagai imam sekaligus menjadi khatib.

Salat Istisqa dan doa bersama dilaksanakan secara berjamaah, yang diikuti seluruh jajaran Kantor Kementrian Agama,serta diikuti puluhan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Tabalong.

Sebelum melaksanakan salat Istisqa, Sabilal Rusdi, selaku imam menjelaskan tata cara salat Istisqa dimana dalam gerakannya hampir sama seperti salat Idul Fitri dan dianjurkan perbanyak istighfar.

“Sebaiknya puasa tiga hari, dan dianjurkan perbanyak istighfar, dan bertaubat terlebih dahulu, sehingga dengan ini nantinya akan berbuah dan mendapatkan rahmat SWT,”jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, dalam sambutannya meminta peran aktif masyarakat untuk ikut mendukung serta mencegah terjadinya karhutla.

“ Saya mengimbau untuk masyarakat Tabalong, agar mendukung dan membantu tim Karhutla dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya sehingga kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap yang bisa berakhir,”pungkasnya. (MC Tabalong /Sy)

Ke Atas