Khas Daerah

Anyaman Purun Natural Diminati Pengunjung Kriya Nusa 2019

MediaCenter,Tabalong – Dekranasda Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, kembali berpartisipasi mengikuti pameran produk unggulan di acara Kriya Nusa 2019 yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Balai Kartini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kriya Nusa sendiri merupakan sebuah pameran nasional yang memamerkan aneka kerajinan khas Indonesia dari berbagai provinsi.

Dimana kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Dekranas Indonesia dalam meningkatkan serta memperkenalkan kerajinan nasional Indonesia lebih luas lagi.

Mengangkat tema ‘Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan’ seluruh kabupaten/kota dan provinsi tergabung dan ikut memamerkan sekaligus mempromosikan produk unggulan mereka di acara tersebut.

Tak ketinggalan Kabupaten Tabalong pun turut serta dengan menampilkan berbagai produk unggulan seperti aneka kerajinan tangan yang terbuat dari tanaman purun dan bambu serta kain batik khas Tabalong.

Seperti yang disampaikan anggota bidang Bimuluh Teknologi dan Desain
Dekranasda Tabalong,H Muhammad Helman, keikutsertakan dalam pameran ini untuk ikut memeriahkan hari jadi Dekranas pusat.

Kemudian ini juga merupakan agenda tahunan sekaligus ajang mempromosikan produk lokal dberupa kerajinan tangan (handycraf) seperti anyaman purun, bambu dan kain batik khas Tabalong.

“Untuk Tabalong produk yang kita tonjolkan mencoba memasarkan produk sandang berupa batik Tabalong dan anyaman purun dan alhamdulilah di hari kedua anyaman purun sudah habis terjual,”Kata Helman.

Selain itu, ujar Helman melihat dari pangsa pasar diacara itu, dirinya memperhatikan bahwa ada selera pasar khusus dari sejumlah pengunjung yang datang di acara tersebut.

“Kami perhatikan dari produk purun kita itu ternyata yang sifatnya warna nature itu lebih laris atau yang diberi pewarna alami, akan tetapi mereka tidak suka purun tersebut dikasih pernis dan mengkilap karena mereka menggap itu tidak alami lagi,”imbuh helman.

Selanjutnya melihat pangsa pasar di Kriya Nusa berikutnya, Helman akan berinovasi lagi dengan membuat dan menjual jenis produk baru yang banyak diminati masyarakat.

“Pameran berikutnya kita coba berinovasi lagi, selain tas dari Purun kita coba buat map dan peralatan tulis dari purun supaya itu bisa menjadi pasar tambahan bagi pelaku usaha kerajinan anyaman purun, “tuturnya.

Sementara salah satu pengunjung, Usman Fahri asal Makassar ketika mampir di stand Tabalong menilai produk yang ditampilkan sudah cukup bagus banyak model kerajinan yang ditampilkan.

“Produk yang ditampilkan Tabalong sudah cukup bagus, akan tetapi kalau bisa ditambah dan bervariasi lagi produknya, dan yang pasti ada suvenir hasil dari kerajinan anyamannya,” katanya.

Dirinya berharap dengan pameran Kriya Nusa 2019 ini menjadi ajang promosi bagis setiap daerah terutama bagi kabupaten Tabalong .

Jadi pengunjung bukan bukan cuma dari lokal saja akan tetapi wisatawan luar negeri juga bisa berkunjung karena acara seperti ini semagat bagus.

“Semoga pameran ini bisa berkembang menjadi pemaeran internasional atau menjadi satu ajang pariwisata,”tutupnya. (Ekosda).

Ke Atas