Kesehatan

Kualitas Udara di Tabalong Masih Aman

MediaCenter,Tabalong – Meski sebagian besar wilayah Kabupaten Tabalong, dipenuhi kabut asap sejak beberapa hari yang lalu, namun kondisi udara di Bumi sarabakawa tersebut masih dalam kondisi aman.

Hal tersebut dipastikan setelah Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Tabalong melakukan pengukuran tingkat polusi udara terkait keadaan kabut asap di Kabupaten Tabalong.

Pengukuran kualitas udara dilakukan dua hari, dimulai dari hari sabtu, tanggal 14 sampai dengan hari minggu tanggal 15 September 2019, ada tiga titik yang menjadi lokasi pengukuran.

Lokasi yaitu di Areal Perkantoran Kodim 1008 Tanjung, kemudian lokasi kedua di Wilayah Tanjung Selatan yaitu depan SMAN 2 Tanjung dan lokasi ketiga di Halaman Kantor DPRD Tabalong Jalan Ahmad Yani Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak.

“Dinas Lingungan Hidup Kabupaten Tabalong telah melakukan Pengukuran Kualitas Udara selama dua hari, dan hasilnya masih memenuhi baku mutu sesuai peraturan Gubernur no 53 tahun 2007 tentang baku mutu udara ambien dan tingkat kebisingan, sehingga dapat dikatakan udara di Tabalong masih aman.” Kata Rowi Rawatianice, Kepala DLH Tabalong ketika dikonifrmasi Minggu Malam. ( 15/9 )

Rowi menjelaskan dari hasil pengukuran, Konsentrasi Sulfur dioksida (SOx) berkisar antara 19,2 – 119 mikrogram per Namo meter kubik, masih berada di bawah batas aman yang telah ditetapkan 900 mikrogram per Namo meter kubik.

Begitu juga konsentrasi Nitrogen dioksida (NOx) di tiga lokasi pengukuran berkisar antara 87 – 108 mikrogram per Namo meter kubik, masih berada di bawah  batas aman 200 mikrogram per Namo meter kubik.

“Metode pengukuran yang digunakan adalah metode sesaat ( 1 jam ) terhadap parameter SO2 dan NO2 dengan menggunakan alat Integrated Ambient Air Quality untuk mengetahui tingkat polusi kabut asap akibat Kebakaran Lahan.” Pungkasnya. ( MC Tabalong/Abdul Halim )

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

321334
Users Today : 108
Users Yesterday : 567
This Month : 8691
Total Users : 321334
Views Today : 1004
Total views : 2108187
Who's Online : 4

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/