Pemerintahan

KIM Wadah Informasi Pemerintah

MediaCenter, Tabalong – Menjaga agar komunikasi tetap terjalin khususnya kepada masyarakat Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Satistik Tabalong menggandeng mitra kerja dari admin grup sosial media.

Lewat pertemuan yang dilaksanakan di aula Penghulu Rasyid, Jumat (13/9/2019), dinas kominfo mengundanb admin grup media sosial (medsos) facebook seperti Habar Tabalong, Humas Tabalong, Kejaksaan Tabalong, Aspirasi Masyarakat Tabalong, Tabalong Tempoe Doloe dan lain sebagainya.

Lewat Kelompok Informasi Mayarakat (KIM) ini Pemkab Tabalong bisa memantau perkembangan informasi melalui sosial media.

Tujuan KIM adalah untuk mengetahui apa saja kumpulan atau laporan informasi tentang daerah sekitar khususnya di Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong, Pebriadin Hapiz mengatakan dengan adanya pertemuan ini bisa bertukar pendapat dan menjadi mitra kerja.

“Yang jelas kita punya saluran, kita manfaatkan. Mulai hari ini dan seterusnya forum KIM ini adalah mitra kami,” katanya.

Menurutnya pula, berkumpulnya seluruh KIM bisa memberikan banyak manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat, selain saling berbagi informasi dapat menjadi tembok pertama untuk menghalang informasi bohong alias hoaks yang tengah menjadi perhatian bersama saat ini.

Keberadaan seluruh anggota KIM khususnya sosial media di masyarakat Kabupaten Tabalong, diharapkan menjadi alternatif bahan masukan yang cukup potensi bagi pemda, dalam menjalankan roda pembangunan atau perbaikan.

Sementara itu, Aunur Maulana, selaku Plt. Kabid Pengelola Informasi Saluran, dan Komunikasi Publik (PISKP), mengatakan tujuan pertemuan ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada admin bahwa apapun yang ditulis dari admin maupun dari followers (pengikut) di grup sosial media merupakan tanggung jawab dari pengelola grup.

“Sebenarnya yang kita tekankan kepada admin supaya bisa menyaring berita bohong atau hoaks, berita-berita tidak benar sehingga tidak tayang dimedia sosial dan untuk saat ini kita lebih banyak ke media sosial Facebook, karena pengikut atau penguna Facebook di Tabalong cukup banyak,,” tutur Aunur saat diwawancarai. (MC Tabalong/Maimun).

Ke Atas