Kesehatan

Desa Warukin Wakili Tabalong Lomba LBS Tingkat Provinsi Kalsel

Konsep Otomatis

MediaCenter, Tabalong- Desa Warukin Kecamatan Tanta maju ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan menjadi finalis dalam rangka Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Terkait ini tim penilai Lomba LBS tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (16/9/2019) datang ke Tabalong untuk menilai Desa Warukin.

Dalam sambutanya Kepala Desa Warukin, Dedy Unjang, mengatakan, kegiatan bersih-bersih tidak hanya dilaksanakan saat lomba tetapi setiap saat.

Masyarakat Desa Warukin berkomitmen untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Sebagai pertimbangan dari penilaian Desa Warukin juga sudah menjadi desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan,” jelas Dedy.

Saat ini Desa Warukin memiliki penduduk sebanyak 2.458 dengan luas wilayah sekitar 2.663 kilometer persegi.

Tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Solihin, mengatakan, indikator dari LBS ada empat poin yang perlu diperhatikan, diantaranya input, proses, output dan nampak.

“Dalam penyampaian kepala desa tadi dikatakan Desa warukin juga telah bisa menyelesaikan sampah sendiri tidak di buang di TPA namun dilakukan pengolahan sampah mandiri dengan membuat bank sampah dengan memilah sampah organik yang diolah menjadi kompos, dan sampah anorganik untuk di jadikan paving dan bahan bakar (dalam proses dirintis),” jelasnya. (MC Tabalong/Mona)

Ke Atas