Ekonomi & Bisnis

100 Peserta Disiapkan Jadi SDM Siap Kerja

MediaCenter,Tabalong – Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) melalui program Jika Belajar Maka Bisa (Jikamaka) kembali digelar.

Bertempat di Gedung Pusat Informasi, pelatihan ini diikuti 100 peserta, yang bekerjasama dengan dua lembaga Pelatihan Kerja (LPK), Pradata Komputer dan Kunang -Kunang.

Pengganggas program Jikamaka, Awiek Hadi Widodo, mengatakan, dengan kegiatan ini bisa menciptakan pribadi yang siap kerja dan mandiri serta membangun kewirausahaan baru.

“ltu wujud komitmen kami untuk pengembangan program Jikamaka ini, artinya masyarakat Tabalong sendiri yang memiliki keterampilan dan kemampuan, tidak hanya menjadi penonton tetapi mereka bisa menjadi pemain,” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk pelatihan program Jikamaka memakai model AKS (Attitude, Knowledge dan Skill), dimana sejak tahun 2013, sudah meluluskan 8.000 peserta termasuk di dalamnya program Jikamaka 100 desa.

Sedangkan jumlah penerapan dalam program kewirausahaan dalam pelatihan ini ada lima, diantaranya pencetakan sablon, multimedia, barber shop, hidrophonik dan memanfaatkan barang bekas menjadi nilai jual.

Awiek mengaku merasakan kepuasan dan kebanggaan tersendiri ketika melihat salah satu anak didik atau alumninya berhasil, baik dalam mendapatkan pekerjaan maupun berwirausaha

Sementara itu, alumni program Jikamaka gelombang pertama, Efhatul Jannah, mengaku sangat senang karena sudah diterima bekerja di PT Tanjung Prima Persada.

“Alhamdulilah setelah ikut pelatihan ini, ilmu yang saya dapatkan makin bertambah, dan pekerjaan yang saya dapat ini bukan karena melamar kerja,tetapi dilamar pekerjaan,” ungkap Efhatul.

Selain mendapatkan pekerjaan, diakui Efhatul, dirinya juga dipercaya mendesain seragam kerja yang dipakai sekarang.

“Kemarin pelatihan itu ambil jurusan desain grafis, makanya dipercaya bikin desainnya. Alhamdulilah baju seragam yang dipakai karyawan semuanya desain dari saya,”tutupnya. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas