MEDIA CENTER

Siapkan SDM Unggul Disnaker Gelar PBK Tahap IV

MediaCenter, Tabalong – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di Kabupaten Tabalong, Dinas Tenaga Kerja menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap IV di aula BLKx
Jumat, (13/9/2019).

Pembukaan pelatihan bersumber dari dana APBN tahun anggaran 2019 ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Tabalong, H Mawardi.

“Pemerintah daerah juga akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Tabalong,” ujar Wabup H Mawardi.

Dengan begitu maka bisa membuat kewirausahaan di Tabalong bisa terus berkembang.

Sebagaimana target pemerintah daerah selama lima tahun masa jabatan untuk menciptakan 10.000 wirausaha baru.

Ditambahkannya, melalui pelatihan seperti ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri para tenaga kerja produktif, terutama dalam upaya memanfaatkan peluang kerja atau berusaha secara mandiri.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Taabalong, Syaiful Ikhwan, menjelaskan,
selain peserta di BLK ada pula yang pelaksanaan digelar di desa, dengan jurusan yang sama

“Kalau di desa kita serahkan peserta dengan kebijakan di desa masing-masing. Dibatasi usia, seperti usia produktif saja,” kata Syaiful saat diwawancarai.

Dia berharap peserta yang mengikuti PBK bisa bersungguh-sungguh, karena ada uji kompetensi.

Uji kompetensi menentukan apakah peserta tersebut kompeten atau ahli dalam bidangnya.

“Ada dua jenis, keterampilan dan keahlian, kalau keterampilan seperti pengolahan hasil pertanian diharap bisa membuat kue dan makanan lainnya. Sedangkan las, AC, mekanik kita bisa On the Job Training (OJT) seperti magang. Kita rekomendasikan ke perusahaan,” tambahnya.

Kegiatan PBK ini selain menyiapkan SDM yang unggul dan siap bekerja tentunya juga diharap mampu membangun jiwa kewirausahaan (entrepreneur) dalam diri sendiri.

Sehingga peserta tidak bergantung dengan instansi maupun perusahaan swasta.

Jumlah peserta PBK tahap ke-4 ini meningkat dari sebelumnya 128 peserta, menjadi 144 peserta.

Dari seluruh peserta yang lulus seleksi diantaranya 16 orang masing-masing perkelas, terdiri dari 9 jurusan yaitu mekanik junior motor, las smaw 3G, pending AC split, drafter, junior teknisi support, operator menjahit oakaian, akutansi, tata boga dan opetaror basic office.(MC Tabalong/Maimun).

Ke Atas