Kesehatan

Warga Terbantu Adanya Taman Bunga Poska

MediaCenter,Tabalong – Tabalong punya banyak potensi wisata yang layak untuk dikunjungi, salah satunya Taman Bunga Poska yang berlokasi di Jalan Desa Pematang RT. 07, Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.

Siapa sangka adanya wisata Taman Bunga Poska semakin hari semakin menarik banyak pengunjung dan menghasilkan pemasukan yang lumayan besar dimana perbulannya bisa mencapai Rp.150 juta.

Penghasilan yang diterima, tidak saja dirasakan bagi pihak pengelola, tetapi puluhan warga sekitar pun turut merasakannya dengan bergabung menjadi pengelola taman bunga Poska dalam menambah penghasilan.

Pengelola saat ini sebanyak 33 orang berasal dari warga sekitar, mereka ada yang bertugas sebagai penjaga loket masuk, petugas parkir, dan pemelihara tempat objek wisata tersebut serta sejumlah warga yang membuka lapak dagangan turut merasakannya.

“Mudah- mudahan dengan adanya taman ini warga sekitar bisa terbantu dalam menambah penghasilannya serta meningkatkan perekonomiannya,” kata Hazini selaku pengelola Taman Bunga Poska.

Diapun berharap dengan bergabungnya sejumlah pengelola ini, warga sekitar tidak lagi mengandalkan hasil dari bertani, dimana untuk menerima hasil mereka harus menunggu bisa satu sampai dua tahun.

“Paling tidak dengan ikut sebagai pengelola mereka bisa mendapatkan penghasilan setiap hari, dan ini sangat membantu mereka dalam mencukupi kebutuhan setiap harinya,’’bebernya.

Terlepas dari itu, ramainya warga yang berkunjung merupakan satu upaya pengelola untuk terus memperindah tempat wisata tersebut.

“Secara berkala tim kreatif kami selalu melakukan perubahan dan penambahan wahana, seperti spot foto, lukisan, rumah pelangi, rumah miring, jembatan dan air mancurnya, hal itu untuk menarik lebih banyak pengunjung,”jelas Hazini.

Terbukti, ketika salah seorang pengunjung, dari Amuntai, Ema mengaku sudah beberapa kali berkunjung ketempat wisata Taman Bunga Poska ini.

Bersama puluhan anggota komunitasnya, Ema memilih tempat wisata ini sebagai tempat silahturahmi dan santai bersama teman dekat.

“Awalnya liat cuma sebatas dari foto saja, ketika ada acara kami coba berkunjung kesini langsung, dan ternyata sangat bagus dan kreatif,’’tuturnya.

Atas saran dan masukan dari para pengunjung, pihak pengelola berencana akan menambah wahana baru, tempat bermain anak edukatif dan wahana permainan tradisional seperti logo dan bakia.

Sebagai informasi bagi warga yang ingin berkunjung ke Taman ini dibuka sejak pukul 07.00-17.00 Wita, dan untuk memasuki taman tersebut, pengunjung diharuskan membeli tiket seharga Rp 3.000 per orang.(MC Tabalong/Sy).

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Ke Atas