Pemerintahan

Pejabat Baru Harus Miliki Kepemimpinan Holistik

MediaCenter,Tabalong – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, menginginkan kepada pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru dilantik agar memiliki kepemimpinan yang holistik.

Ini disampaikan Bupati Anang saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong,Selasa (10/9/2019) di Pendopo Bersinar.

Kepimpinan holistik merupakan gaya kepemimpinan dimana si pemimpin tidak hanya memandang dirinya sebagai pemimpin, namun juga memiliki kedalaman pemahaman akan mereka yang dipimpin.

Menurut bupati, ada beberapa tipe pemimpin dengan berbagai karakteristiknya diantaranya pemimpin yang baik, pemimpin yang cerdas, pemimpin yang tegas dan pemimpin ekspresif.

“Oleh karena yang saya inginkan, Jadilah diri sendiri tetapi sebagai pemimpin holistik yang berusaha menggabungkan empat karateristik tadi,” pinta bupati.

Selanjutnya, bupati juga memberikan kesempatan kepada ASN untuk membina karier dengan sebaik-baiknya.

“Yang dulukan selalu simetris, sekarang tidak lagi harus sesuai dengan kebutuhan, misalnya pejabat yang baru dilantik tidak mudah masuk ke SKPD baru, harus melakukanpProses konsolidasi dulu, dan harus siap menghadapi tantangan yang cukup berat,”katanya.

Oleh sebab itu, dirinya bersama wakil dan sekda sepakat dan percaya menempatkan jabatan yang diberikan kepada pejabat baru.

Karena menganggap pejabat baru yang dilantik sudah memiliki pengalaman dan sudah cukup belajar baik secara bagaiman berkoordinasi, bagaimana mengkoordinasikan dan bagaimana berkomunikasi.

Adapun tiga pejabat baru yang dilantik, Hj Hamida Munawarah yang dulunya menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabalong menjadi Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

M. Yuhani yang dulunya menjabat Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong.

Sedangkan H. Syaiful Bakhri yang dulunya kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tabalong menjadi staf ahli bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.(MC Tabalong/Sy).

Ke Atas