Sosial & Budaya

Bersama Cegah dan Tanggulangi Karhutla

MediaCenter, Tabalong – Apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) digelar, Jumat (6/9/2019) di lapangan Tanjung Expo Center, Kabupaten Tabalong.

Diprakarsai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong, apel langsung dipimpin Bupati H. Anang Syakhfiani.

Dalam arahannya, bupati mengajak kepada seluruh stakeholder untuk siaga dalam mencegah serta menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tabalong.

“Itu semua berpatokan pada Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang menyebutkan bahwa tanggungjawab penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab semua elemen, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat,” katanya.

BPBD, kata Anang, merupakan salah satu bentuk peran pemerintah untuk penanggulangan di daerah dalam upaya memberi perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana melalui cara-cara yang terencana, menyeluruh, terpadu dan terkoordinasi dengan mendorong semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kedermawanan.

“Sejalan dengan tema nasional penanggulangan bencana yang dicanangkan pada Rakornas BNPB/BPBD se Indonesia tahun 2019 ini, yang mengusung tema Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita, yang berarti mencegah kerusakan alam kita dan merupakan tanggung jawab kita menanggulangi bencana bersama,” pungkasnya. (MC Tabalong/Irwin)

Klik Untuk Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Ke Atas