Kesehatan

Ukur Kualitas Udara, DLH Tabalong Kerjasama Laboraturium Provinsi

MediaCenter,Tabalong – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan selatan, melakukan Pengukuran Kualitas Udara Kabupaten Tabalong.

Pengukuran dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 31 Agustus s/d 4 September 2019 dengan empat titik yang menjadi sasaran pengukuran.

Empat titik tersebut ialah kawasan transportasi di  jalan A. Yani depan kantor DPRD Kabupaten  Tabalong, Kel. Mabuun, kemudian kawasan perumahan di komplek permata baru 2, kelurahan Pembataan.

Sedangkan kawasan komersil atau perkantoran di Taman Giat Kota Tanjung, kelurahan Tanjung dan Kawasan industri PT. Tanjung Power Indonesia dan PT. MSW di Desa Kasiau Kecamatan  Murung Pudak.

Ketika diwawancara pada Rabu (3/9), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan pengukuran kualitas udara ini adalah untuk mengetahui kualitas udara ambien di Kabupaten Tabalong.

Dimana hasil pengukuran ini untuk selanjutnya menjadi bahan kebijakan dalam pengelolaan dan pengendalian pencemaran udara di Kabupaten Tabalong,

“Yang nantinya hasil dari pengukuran ini akan di bandingkan ke baku mutu kualitas udara, berdasarakan  peraturan gubernur Provinsi Kalimantan Selatan No. 53 Tahun 2008 tentang baku mutu udara dan kebisingan.” katanya

Rowi menambahkan Kegiatan pengukuran kualitas udara ini rutin dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup  setiap tahun per semester dan tahun ini untuk pertama kalinya DLH Kabupaten Tabalong  bekerja sama dengan UPT. Laboratorium lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pengukuran kualitas udara ini dilakukan dengan metode mengacu pada Standar Nasional Indonesia selama 24 jam periode pengukuran tiap titik lokasi sampling.” Tambahnya.

Hasil dari pengukuran kualitas udara ini akan diketahui sekitar satu pekan kedepan, setelah melalui uji laboraturium di UPT Lab Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan Selatan.

Untuk diketahui Kondisi kualitas udara di Kabupaten Tabalong tahun 2018 dilihat melalui nilai indeks kualitas udara menunjukkan kondisi baik dengan nilai 89,58 (MC Tabalong/Abdul Halim)

Ke Atas