Kesehatan

SKPD Diminta Lengkapi Peralatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

MediaCenter, Tabalong – Menjaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) juga harus menjadi perhatian dan tanggungjawab instansi perkantoran Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk juga di lingkungan PemkabTabalong.

Untuk itulah melalui Dinas Kesehatan, Pemkab Tabalong menggelar sosialisasi K3 Perkantoran, di Gedung Pusat Informasi dan Pembangunan Tanjung. Senin, (2/9/2019).

Tujuannya, untuk mewujudkan lingkungan kantor yang sehat, aman dan nyaman untuk ditunjukan kepada karyawan sehat, selamat, bugar dan produktif tingkat kabupaten tahun 2019

Program K3 Perkantoran merupakan upaya perlindungan dan pemeliharaan kesehatan fisik mental dan sosial tenaga kerja di semua pekerjaan, serta pencegahan gangguan kesehatan tenaga kerja, baik bagi perorangan, kelompok lingkungan ataupun di tempat kerja.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani mengatakan, terlaksananya kegiatan sosialisasi K3 menunjukan tingkat peradaban Tabalong meningkat.

Karena telah memikirkan bagaimana mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran.

“Saya mengapresiasi kegiatan sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini dan mengintruksikan agar Dinas Kesehatan, Puskesmas, RSUD, menjadi contoh pertama dari penerapan upaya kita mewajudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja,” ucap Anang saat menyampaikan sambutannya.

Upaya ini berperan besar terhadap pencapaian sasaran program kesehatan lainnya, sebagaimana yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Strategi Kabupaten Tabalong.

“Saya juga minta kepada SKPD lain untuk kembali melengkapi peralatan K3, seperti P3K dan lain sebagainya,” tambah Anang.

Sementara sosialisasi ini menghadirkan narasumber dr Inne Nutfiliana MKK, selaku Kasi Kesehatan Opupasi dari Ditjen Kesehatan Kerja dan olahraga Kemenkes RI.

Dirinya berharap agar seluruh jajaran di Pemkab Tabalong bisa melaksanakan K3 perkantoran dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang bermutu.

Menurutnya pula karena pelayanan publik yang bermutu pasti dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan berkinerja serta produktif.

Standar K3 perkantoran ada empat poin yang terdiri dari upaya keselamatan kerja, upaya kesehatan kerja, upaya kesehatan lingkungan kerja, dan upaya ergonomi di perkantoran.

“Semua SKPD bisa menerapkan K3 perkantoran, agar SDM bagi ASN di Pemerintah Kabupaten Tabalong bisa sehat dan produktif. Dilihat dari karakteristik perkantoran berada di dalam ruangan dan gedung seperti Jakarta gedung tinggi-tinggi, berbeda dengan di daerah, gedung dua lantai, jadi relatif bersifat disentri. Meningkatkan aktifitas bagi ASN juga penting selain aspek keselamatan,” tutur Inne saat diwawancarai. (MC Tabalong/Maimun).

Ke Atas