Khas Daerah

Kelima Kalinya Tabalong Jawara Kampung Banjar Festival Wisata Budaya Pasar Terapung

MediaCenter, Tabalong – Tahun ini, Kabupaten Tabalong kembali berhasil meraih juara sebagai Kampung Banjar dalam gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019, di Jalan Jendral Sudirman Siring Nol Kilometer Banjarmasin.

Mengangkat tema Kampung Kelua dengan khas makanan kuliner masakan paliat, bingka kacung dan martabak pisang, mengantarkan stand Tabalong meraih juara untuk kelima kalinya.

Bangga atas raihan itu, mewakili Pemerinta Kabupaten Tabalong, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwasata (Disporapar) Kabupaten Tabalong, Lilis Marta Diana mengatakan, raihan ini tidak lepas dari hasil kerjasama semua pihak dan bersyukur karena di Tabalong memiliki ragam adat dan budaya yang bisa ditampilkan.

“Tentu saja ini menjadi kebanggan tersendiri dan sangat luar biasa atas penghargaan yang didapat. Semoga dengan even wisata budaya yang satu ini dapat menjadi wahana promosi ganda serta memajukan wisata dan juga ekonomi kreatif khususnya di Tabalong,” katanya.

Tak hanya beragam produk makanan khasnya, stand Tabalong juga menampilkan pengobatan herbal dengan tabib totok Dayak yang makin menambah poin dalam penilaian.

“Jadi untuk mempertahankan kemenangan itu kan perlu ada inovasi baru, nah ini yang coba kami munculkan yakni dengan menampilkan tabib totok Dayak dengan herbal, ditambah dengan tarian bulat balapai api,’’ujar Lilis.

Adanya ditampilkan ramuan herbal di stand Tabalong, imbuhnya, dengan tujuan bisa memperlihatkan berbagai obat-obatan herbal seperti gula aren serbuk dengan paduan jahe, pasak bumi, kayu manis serta temuk lawak yang semuanya memiliki khasiat untuk kesehatan.

Menurutnya, dengan inovasi yang dibawa ini menjadi sebuah kajian dan sesuatu yang terbaru untuk daya pikat wisata budaya daerah.

Dirinya berharap dengan kemenangan ini menjadi motivasi besar untuk terus maju dan berkembang termasuk dalam hal pengembangan wisata budaya terlebib ekonomi kreatifnya.

Selain beragam lomba, kegiatan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2019 sendiri diisi dengan beragam pementasan kesenian Banjar dan juga hiburan.

Berikut daftar pemenang Lomba Kampung Banjar , Juara I diraih oleh Kabupaten Tabalong, Juara II , Tanahlaut.

Juara III, Banjarmasin, Juara Harapan I Balangan, Juara Harapan II ,Batola terkahir Juara Harapan III , Barabai (MC Tabalong/Sy).

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

322204
Users Today : 417
Users Yesterday : 561
This Month : 9561
Total Users : 322204
Views Today : 1561
Total views : 2111831
Who's Online : 10

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/