Sosial & Budaya

Gerakan Pramuka Jadi Pelopor Anti Korupsi

MediaCenter,Tabalong – Bertempat di halaman Pendopo Bersinar, Rabu (21/8/2019), Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pramuka yang ke-58 tahun.

Membacakan sambutan, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, bupati menyampaikan, gerakan pramuka harusnya bisa menjadi pelopor sebagai warga negara yang anti korupsi.

“Saya mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes),” katanya.

Hal ini dikarenakan, merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme, terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia.

“Anggota Pramuka itu merupakan pribadi yang bertanggungjawab dan dapat dipercaya, sehingga siap sedia membangun keutuhan NKRI adalah merupakan tekad dan itikad Gerakan Pramuka untuk menjadi bagian terdepan menanamkan nilai-nilai luhur,” tambahnya.

Selain upacara, dalam hari pramuka ini juga dilakukan karnaval yang diikuti seluruh anggota pramuka.

Menggunakan berbagai kostum unik yang terbuat dari bahan-bahan tidak terpakai, karnval dilakukan dengan rute mengelilingi area Pendopo Bersinar, Pembataan. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas