Kesehatan

SMAN 1 Tanjung Perangi Sampah Plastik

MediaCenter,Tabalong – Sampah berbahan plastik atau stryfoam menjadi masalah yang mengganggu kebersihan lingkungan, sebab sampah plastik tidak mudah diurai.

Terkait hal ini, SMAN 1 Tanjung melakukan komitmen agar bisa menghindari kemasan makanan dan minuman berbahan plastik.

Perang terhadap sampah plastik ini ditandai pihak SMAN 1 Tanjung dengan meluncurka Program to Zero Plastics and Fruits Party, Jumat (9/8/2019l.

Tujuannya agar lingkungan sekolah terlihat bersih, indah, sehat dan yang pasti bebas dari sampah plastik serta memiliki siswa-siswi yang mengerti perilaku hidup sehat.

Launching dan makan buah bersama yang diikuti ratusan siswa-siswi dan orangtua ini juga diisi dengan jalan sehat dan penandatangan komitmen.

Kepala SMAN 1 Tanjung, Wagiminz, menjelaskan, salah satu upaya menjalankan komitmen itu, pihaknya akan mengambil langkah dengan mensosialisasikan kepada siswa-siswi dan orangtua, terkait program menuju bebas sampah plastik.

“Langkah itu, salah satunya dengan kegiatan launching ini,” kata Wagimin.

Selain itu, untuk mengoptimalkannya, juga dilakukan langkah lain seperti memberikan informasi kepada orang tua agar anak diwajibkan membawa tempat makan dan minum yang bisa digunakan berulang kali serta aman bagi kesehatan.

“Hal demikian itu, yang nantinya kita harap bisa mengurangi bahkan meniadakan sampah plastik dalam sekolah pada khususnya dan lingkungan tempat tinggal pada umumnya,” lanjutnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga sebagai bukti SMAN 1 Tanjung lolos dari seleksi sekolah sehat, dan untuk level adiwiyata memperoleh nilai terbaik dan berhak mewakili Kabupaten Tabalong untuk ikut lomba di tingkat provinsi.

Sebagai tindak lanjut dari program sekolah yakni sekolah adiwiyata dan sekolah PHBS yang mana setiap tahunnya meningkat dan berhak mengikuti kompentensi di provinsi.

“Pada intinya bagaimana kita bisa memprogramkan kegiatan ini, agar sekolah menuju bebas sampah plastik bisa tercapai,” bebernya.

Kemudian terkait, makan buah bersama atau fruits party, dilaksanakan agar bisa menumbuhkan minat siswa-siswa untuk hidup sehat dengan memakan buah-buahan.

“Sebagian siswa kita ada yang sulit.makan makanan sehat, salah satunya buah, makanya dengan ini sebagai upaya kita menumbuhkan lagi untuk menuju perilaku hidup lebih sehat, caranya dengan memakan buah- buahan ini,” jelasnya. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas