Kesehatan

Hindari Plastik Hitam untuk Bungkus Daging Kurban

MediaCenter,Tabalong- Masyarakat yang akan melakukan ibadah kurban pada Idul Adha nanti diimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam sebagai pembungkus daging kurban.

Imbauan ini disampaikan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, melalui Kepala Seksi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Suwandi, saat ditemui di Kantornya, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, plastik hitam itu berbahaya bagi kesehatan manusia karena plastik tersebut mengandung pewarna tekstil yang bisa menempel di daging kurban.

“Kresek warna hitam itu adalah kresek daur ulang, dia ada zat pewarna apabila dimasukan daging maka menempel, sehingga ketika diolah dan dikonsumsi akan menimbulkan zat karsinogenik,” jelas Suwandi.

Maka dari itu pihaknya menyarankan masyarakat terutama panitia kurban untuk menggunakan besek atau plastik bening yang biasanya digunakan untuk membungkus gula atau tepung.

Dikatakannnya juga, daging kurban yang baik untuk dikonsumsi adalah daging yang berasal dari lokasi penyembelihan yang higienis dan bersih.

“Untuk lokasi pemotongan tempatnya harus betul-betul bersih memenuhi syarat sanitasi dan higienis, jangan sampai di tempat yang sembarangan”

Pihaknya juga mengimbau untuk wilayah Murungpudak dan Tanjung hendaknya melakukan pemotongan hewan di rumah potong hewan di Mabuun.

“Bila dipotong di rumah potong hewan ada jaminan kesehatan dagingnya karena ada petugas yang akan memeriksa baik itu antemorrem dan postmortem,” pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas