Sosial & Budaya

Definitifkan Status Kebun Raya Tanjung Puri, SKPD Gelar Rakor bersama Sekda

MediaCenter,Tabalong- Persiapan dan perampungan pembangunan Kebun Raya Tanjung terus dilakukan Pemkab Tabalong.

Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi (rakor) tindaklanjut Pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri, di ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong, Senin (5/7/2019).

Dihadiri SKPD terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PU, Disporapar dan BPPRD, dalam rakor ini dilakukan pembahasan rencana pembangunan Kebun Raya Tanjung.

Bukan itu saja, rakor ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait percepatan pembuatan status dari kawasan itu sebagai kawasan Kebun Raya Tanjung Puri.

Selain pemerintah daerah melaui dinas terkait, perencanaan pembangunan ini juga bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam hal pembuatan konsep kebun raya itu sendiri.

“ LIPI sendiri nantinya yang akan mengintegrasikan beberapa perencanaan yang sudah dibuat, tentu dengan kriteria kebun raya itu seperti apa, dan LIPI yang akan mensinergikannya lagi,” kata Sekda  AM Sangadji, saat ditemui awak Media Center, usai gelaran rapat tersebut.

Untuk itu, Sangadji menambahkan kepada lintas SKPD terkait harus segera merampungkan, menyamakan persepsi dan saling memberikan dukungan.

Mengingat untuk kawasan tersebut sudah memiliki beberapa dokumen sebagai bahan persyaratan menjadi kawasan kebun raya.

“Beberapa dokumen kan sudah ada, salah satunya dari dokumen perencanaan yang sudah direalisasikan terkait pariwisata, ini yang akan kita jadikan bahan, sehingga  nanti  akan dikeluarkan sebuah keputusan tentang penetapan kawasan itu menjadi kawasan kebun raya,”jelasnya.

Sangadji berharap dalam waktu yang tidak lama bisa merampungkan sehingga LIPI pun bisa bekerjasama dalam membantu, sehingga dokumen Kebun Raya bisa diselesaikan dan didefinitifkan.

“Kalau itu sudah selesai, ini menjadi  dasar dan bahan untuk kita mengusulkan dana dari kementrian PU pusat, selain percepatan pembangunan di Tabalong dan kawasan ini cepat kita realisasikan juga bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat terutama dalam hal pendanaan,” pungkasnya. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas