Khas Daerah

Menengok Indahnya Seni Kaligarfi Di Gelaran MTQ Kabupaten

MediaCenter,Tabalong – Musabhaqah khattil Quran (MKQ) merupakan salah satu cabang yang selalu dilombakan dalam ajang MTQ,  MKQ sendiri merupakan lomba menulis penggalan ayat suci al-Quran secara indah kedalam sebuah media tertentu.

Seni menulis indah ayat al-Quran atau yang lebih dikenal dengan sebutan kaligrafi ini cukup diminati dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran ke-45 Tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2019.

Terlihat di hari kedua gelaran MTQ ini, sejumlah peserta berusaha menampilkan tulisan Arab indah dan golongan penulisan indah khat Alqur’an mereka yang diwarnai dengan berbagai  hiasan Mushaf untuk memberikan yang terbaik untuk Kafilah mereka masing-masing.

Saat ditemui awak Media Center, Ketua Dewan Hakim Golongan Musabaqah Khat Al-Qur’an (MKQ), H Suberiani secara umum menjelaskan dengan even seperti ini selain ikut menyemarakan acara, juga akan lebih mendekatkan anak didik dengan al qur’an.

“Intinya dengan kegiatan ini peserta akan lebih terampil dan mencintai seni kaligrafi, serta bagaimana lebih menjiwai alqur’an baik dari bentuk seni maupun tulisan alqur’an,“ katanya.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini akan melahirkan para khatt atau pelukis kaligrafi mahir dan profesional, serta makin menambah wawasan anak didik dalam penulisan alqur’an.

Salah satu peserta putri termuda Cabang Khath Alquran golongan Mushaf, Anisa Miftahul Rahmah mengaku keikutsertaaannya dalam lomba ini dikarenakan hobi melukis dan suka membaca alqur’an.

“Awalnya hanya suka melukis, dan mencoba ikut lomba, alhamdulilah sampai sekarang selalu mendapat juara,” kata Anisa yang masih duduk di kelas 1 Tsanawiyah Negri 4 Tabalong.

Dalam setiap lomba yang diikutinya kata Anisa,  itu tidak lepas dari dukungan orang tua dan ketekunan dalam berlatih setiap harinya, dirinya berharap kedepan bisa menjadi khattat profesional dan bisa menorehkan selalu prestasi baik nasional maupun internasional.

Adapun dalam cabang ini jumlah peserta yang ikut terdiri Dekorasi putra 10 orang, Dekorasi putri 6 orang, Mushaf putra 10 orang dan Mushaf putri 7 orang sedangkan naskah putra ada 8 orang dan naskah putri 6 orang untuk kontemporer putra dan putri ada 9 orang.

Untuk sistem penilaian sendiri para peserta akan dikenakan sistem gugur untuk juara akan diambil juara pertama sampai harapan tiga.

Madrasah Tsanawiyah 4 Tabalong menjadi tempat dilaksanakannya Musabaqah Khat Al-Qur’an (MKQ) pada Musabaqoh Tilaatil Qur’an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Tabalong  2019. (MC Tabalong/Sy)

Ke Atas