Khas Daerah

Kerajinan Tangan Dari Rotan Menjadi Produk Unggulan Desa Lok Batu

Kemarin, Kamis 18 Juli 2019 berlokasi di Kecamatan Haruai, Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan Bursa Inovasi Desa (BID).

BID adalah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dipetik dari hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan pembangunan desa yang sudah ada atau terbaru dalam bentuk barang atau jasa yang dapat memberikan nilai tambah secara berkelanjutan.

Dari pantauan Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, dilokasi, setiap desa yang menjadi peserta dipersilahkan untuk berkonsultasi kepada desa yang sudah mempunyai inovasi.

Seperti halnya Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai pada saat itu menampilkan kerajinan tangan dari rotan. Ada kursi, meja sampai dengan rak sepatu.

“Kami dari desa Lok Batu produk unggulannya adalah kerajinan tangan dari rotan,” kata Sekretaris Desa Lok Batu, Selamat Riady kepada awak media.

Alasan kenapa Desa Lok Batu memilih kerajinan tangan dari rotan, menurut Riady, selain pembuatannya tidak memakan banyak waktu. Tetapi rotan juga sangat mudah di dapat di wilayah kabupaten Tabalong, khususnya di Kecamatan Haruai.

“Ya satu buah meja ataupun kursi membuatnya tidak sempat satu hari udah selesai dan dikerjakan hanya dengan satu orang,” pungkasnya.

Untuk harga sendiri pihaknya belum bisa menyebutkan. Karena belum melakukan survei harga dipasaran.

Ke Atas