Pedidikan

Berikan Kemudahan Membuat Identitas Diri, Dukcapil Gelar Sosialisasi Perpres Nomor 96 Tahun 2018

Tabalong, MediaCenter – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tabalong gelar sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres), Nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan tata cara pendaftaran penduduk dan catatan sipil yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Lurah Kabupaten Tabalong di Gedung Pusat Informasi Pembangunan. Rabu, (17/7/2019).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabalong Menyampaikan Sambutan

Joko Widodo telah menandatangani Perpres Nomor 96 Tahun 2018 pada 16 Oktober 2018 lalu. Menurut Perpres ini, pelayanan Pendaftaran Penduduk terdiri atas kartu Identitas diri, Kartu Keluarga (KK), KTP, maupun dalam mengurus passport, masuk sekolah, bekerja, menikah dan lainnya.

Bupati Tabalong yang diwakili oleh H. Suryanadie selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengatakan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan edukasi kepada Kepala Desa dan Lurah dalam mengurus Identitas diri lebih dini, dari menikah hingga lahir anak nanti.

Ia juga menyampaikan agar peserta sosialisasi dapat meneruskan informasi Perpres Nomor 96 Tahun 2018 kepada seluruh masyarakat. Sebab, masalah kependudukan tidak hanya dibenahi oleh pemerintah saja, namun masyarakat juga harus turut memajukan negeri ini khususnya dalam hal kependudukan.

“Contohnya membuat KTP-el dia cukup membawa copy KK kemudian melakukan perekaman, dan juga ketika masyarakat ingin membuat akta kelahiran dan buku nikah. Maka akan dimudahkan dengan diberikan surat pernyataan pertanggung jawaban yang mutlak.” Tutur Suryanadie saat diwawancarai.

Kegiatan sosialisasi sendiri digelar 2 hari sejak tanggal 17 hingga 18 Juli 2019. Untuk hari pertama pelaksanaan diikuti oleh daerah Selatan yaitu Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, Tanta, Muara Harus, Kelua, Pugaan, dan Banua Lawas. Sedangkan untuk daerah Utara yaitu Kecamatan Bintang Ara, Haruai, Upau, Muara Uya, Jaro.

“Sosialisasi setiap tahun diadakan, cuma berbeda-beda pembahasan tergantung peraturan baru yang dibuat dan kebijakan-kebijakan pemerintah,” tambah  Erna Wati selaku Plt Kabid Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Maimun).

Ke Atas