Khas Daerah

Puluhan Motif Baru Batik Tabalong Dipamerkan Saat Peringatan HUT BPR Nasional

MediaCenter,Tabalong – Sebagai wujud perhatian kepada tumbuh kembangnya industry kreatif yang ada di Tabalong, BPR Tabalong Bersinar melaksanakan galeri design sekaligus fashion show dengan motif batik khas tabalong di Tanjung Expo Center, Sabtu, (13/7).

Dalam galeri design ini, hasil lukisan atau motif batik tabalong ciptaan para designer dipamerakan oleh para model dari putri pariwisata, serta utuh diyang tanjung.

Motif baru batik tabalong ini nantinya akan dicetak dan dijadikan kain untuk segera dipasarkan ke masyarakat luas.

“bahkan dari motif ini, nantinya akan kita pilih untuk menjadi pakaian resmi pada saat hari jadi Kabupaten Tabalong.” Kata Ahmad Jubair selaku Komirasi BPR Tabalong Bersinar dan Ketua Pelaksana Hari BPR-BPRS Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Jubair menambahkan bahwa melalui peringatan HUT BPR-BPRS Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini, pihaknya terus berupaya untuk mengambil peran strategis dalam tumbuh kembangnya usaha atau industry kreatif yang ada di Bumi Sarabakawa.

Design batik yang dipamerkan ini pun menarik perhatian Haryanto selaku kepala OJK Regional 9 Kalimantan, menurutnya batik yang ada di Tabalong ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan batik lainnya.

Ia pun mengaku sangat berminat membeli batik tersebut untuk dipakai.

“Corak batiknya bagus-bagus apalagi yang baru dipamerkan tadi, saya juga acungi jempol untuk para designer di Tabalong.” Ucap Haryanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, H. Birhasani yang juga salah seorang inspirator lahirnya motif batik Tabalong ini mengapresiasi dengan dilakukannya galeri design ini.

Yang mana menurutnya ini merupakan suatu wujud kepedulian untuk menjadikan budaya tabalong bisa dikenal secara luas.

Namun, ia berharap batik tabalong ini bisa segera dipatenkan agar bisa menjadi hak milik secara yuridis bagi kabupaten Tabalong.

“Designnya saya melihat tadi yang paling ditonjolkan adalah buat langsat, saya setuju itu karena merupakan ciri khas, dan mudahan ini bisa dipatenkan. Silakan dikembangkan seusai kreatifitas tetapi kita harus punya ciri khas sendiri dari motif itu.”Pungkasnya. (MC Tabalong/Gilang)

Ke Atas