Ekonomi & Bisnis

BPR Expo di Tanjung, Pertama Kali Dalam Sejarah BPR-BPRS di Indonesia

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Hari BPR-BPRS (Bank Perkreditan Rakyat -Bank Perkreditan Rakyat Syariah) Nasional ke 3 tingkat provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diwarnai dengan BPR Expo.

Dalam BPR Expo itu yang berlokasi di Tanjung Expo Center, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra usaha binaan BPR-BPRS Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan berkesempatan untuk memamerkan produk produk unggulannya.

Seperti terpantau Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, Jumat 12 Juli 2019, ada yang memamerkan produk kain sasirangan, aneka produk minuman, makanan, anyaman dan banyak yang lainnya.

“Tujuan kami menggelar BPR Expo untuk memberikan kesempatan kepada UMKM binaan BPR-BPRS kabupaten/kota untuk menampilkan produk atau hasil usahanya. Sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat,” kata Komisaris Utama BPR Tabalong Bersinar dan sekaligus Ketua Pelaksana Hari BPR-BPRS ke 3 Nasional Tingkat provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tabalong Ahmad Jubairi.

Menurut dia, semua itu adalah bagian dari komitmen BPR-BPRS Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan untuk kesejahteraan para pelaku usaha mikro.

“Kami dari BPR-BPRS berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha mikro menjadi lebih baik,”katanya.

Dia merinci, jumlah stand dari mitra usaha binaan BPR-BPRS Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan itu sebanyak 45 buah.

“Itu belum termasuk pedagang pedagang lapak. Kalau termasuk, bisa mencapai ratusan lebih,”bebernya.

Sementara, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani yang diwakilkan kepada Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Tabalong Hj Hamida Munawarah membuka secara resmi BPR Expo.

Menurut bupati, hendak gelaran seperti itu dapat dijadikan wahana untuk menginformasikan dan mempromosikan produk produk unggulan hasil karya pelaku UMKM BPR se Kalimantan Selatan.

“Sebagai mana di era modern saat ini. Penyebaran informasi dan promosi menjadi sesuatu yang sangat penting dan juga strategis,” katanya.

Terang dia, siapa saja yang mampu memanfaatkan informasi dan promosi secara optimal maka akan menjadi pemenang.

“Kemenangan tersebut tidak sebatas mendapatkan peluang. Tetapi merebut dan menguasai pasar, mengetahui kualifikasi produk para pesaing dipasaran,” tegasnya.

Sekaligus menggencarkan penyebarluasan informasi promosi kepada masyarakat terhadap keunggulan produk yang dimiliki.

“Oleh karenanya, kepada para UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang promosi,” katanya.

Hal itu sangat penting, karena kata Anang saat ini memasuki era pasar bebas Asean atau masyarakat ekonomi Asean seluruh aspek kehidupan dihadapkan pada persaingan yang begitu ketat.

“Tidak terkecuali kalangan dunia usaha, mulai dari yang berskala besar sampai dengan UMKM,” tuturnya.

Sehingga tidak ada lagi pilihan lain selain meningkatkan kualitas produk maupun kuantitas dan mengintensifkan promosi

“Langkah itu mutlak diperlukan dalam rangka memperkenalkan kepada publik tentang keunggulan produk yang kita miliki,” ucapnya

Sebagai mana kita ketahui, menurut dia, bank BPR memberikan manfaat untuk menggerakkan perkembangan ekonomi mikro di daerah.

“Karena apabila kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik, akan mampu meningkatkan memajukan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah,” pungkasnya

Sementara Kepala OJK regional 9 kalimantan, Harianto menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Ini sangat bagus. Kami menginginkan BPR-BPRS ini bisa berkembang. BPR ini bisa berkembang kalau nasabahnya (masyarakat) juga turut berkembang,”katanya.

Cara mengembangkannya, menurut Harianto, seperti yang dilakukan pemerintah kabupaten Tabalong yakni membina warga mengembangkan usahanya melalui program kredit gerbang emas dengan bunga nol persen

“Kabupaten Tabalong mempunyai program kredit tanpa bunga. Dengan ini akan terciptanya UMKM supaya tumbuh,” bebernya.

Pihaknya (OJK) sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten Tabalong.

“Kalau usaha tumbuh, bisnis tumbuh semua akan menyerap tenaga kerja. Sehingga ini yang kita harapkan terus kedepannya,” katanya.

Ke Atas