Ekonomi & Bisnis

Program Kredit Gerbang Emas Sebagai Tameng Dari Rentenir Berkedok Koperasi

Bisnis peminjaman uang dengan bunga sangat tinggi atau praktik rentenir hingga saat ini masih marak di sejumlah pasar tradisional wilayah Kabupaten Tabalong.

Menghindari itu semua, Bupati Tabalong H Anang mengajak masyarakat bisa manfaatkan Program Kredit Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) dengan bunga nol persen.

“BPR Tabalong mengembangkan Kredit Gerbang Emas dengan perluasan jangkauan dan sebarannya sehingga dapat membatasi ruang gerak para rentenir yang masih beroperasi di Tabalong. “kata Anang. Kamis 11 Juli 2019.

Melalui BPR Tabalong, kata Anang, keberadaan mereka membantu kesulitan masyarakat dalam keuangan dengan cara memberi kemudahan persyaratan pengajuan kredit nasabah.

“Syaratnya mudah, cukup bawa kartu tanda penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK) dan yang terpenting harus mempunyai usaha,”pungkasnya.

Komisaris Utama BPR Tabalong Bersinar, Ahmad Jubairi, mengatakan bahwa program bantuan kredit tanpa bunga bagi pedagang kecil dan UKM bagi warga Tabalong tersebut sebagai bentuk dan sikap pemerintah daerah untuk melindungi para pedagang kecil atas maraknya kredit berbunga tinggi yang menyasar para pelaku usaha kecil.

“Banyak pedagang kecil di daerah kita yang terjebak oleh rentenir berkedok koperasi”ungkapnya.

Ia juga menghimbau agar pelaku usaha kecil di bumi Saraba Kawa bisa memanfaatkan kredit ini dengan baik.

“Dari pada meminjam pada rentenir berkedok koperasi lebih baik memanfaatkan program ini, sudah pasti tanpa bunga”pungkasnya. (Irwin Apriadi)

Ke Atas