Pemerintahan

Demi Lancarnya Pengerjaan, Dinas PUPR Tabalong Gandeng Kejari Setempat

Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabalong, melakukan pendampingan pengerjaan kesejumlah proyek pembangunan di wilayah itu.

Hal itu agar menghindari terjadi adanya penyelewenangan pada saat pelaksanaan pekerjaan dan memberikan saran, analisa hukum secara yuridis kepada PPKA dan pihak pelaksana pekerjaan, selama proyek tersebut selesai di kerjakan.

Berkenaan dengan itu, Selasa 9 Juli 2019 di Halaman Dinas PUPR Kabupaten Tabalong, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tabalong diwakili Kasi Intelijin Hendriansyah menyerahkan Surat Tugas Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong H Muhammad Noor Rifani.

Penyerahan tersebut di saksikan langsung oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Wakil Bupati H Mawardi, Ketua DPRD beserta unsure Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Masyarakat, Pegiat LSM, penyerahan berlangsung

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong menyatakan pihaknya mendapatkan SK tim penugasan di Dinas PUPR. Menurutnya, sudah empat tahun menjalin kerjasama. Dengan adanya pendampingan dari tim TP4D kegiatan di Dinas PUPR berjalan lancar, tertib, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Walaupun sudah berjalan cukup lama, ia minta dukungan dan arahan dalam menjalankan tugas, terutama program pembangunan.

“Kami sangat senang dibantu tim TP4D, agar pembangunan di tempat kami berjalan lancar, itu harapan kita,” terangnya.

Harapannya juga tim ini dapat mendampingi baik sisi perencanaan, pelaksanaan hingga penyerahan proyeknya.

Ia berkeyakinan dengan niat kebaikan, bahkan bersyukur selalu di dampingi, pada akhirnya kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan semua, tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Noor Rifani sebenarnya ingin banyak pekerjaan yang menggunakan pendampingan, tetapi sesuai dengan kesepakatan hanya yang sangat komlpeks. Misalnya, pembangunan terkait lahan, bersinggungan dengan dampak sosial di masyarakat itu juga sangat perlu pendampingan.

Sementara Kasi Intelijin Kejaksaan Negeri Tabalong Herdiansyah menyatakan, keberadaan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah Daerah (TP4D) dalam rangka memberikan pendampingan di Kabupaten Tabalong Tahun 2019. Dengan tujuan untuk memastikan semua pekerjaan sesuai dengan target dan melindungi adanya kerugian negara.

Diungkapkannya, proyek yang didampingi adalah proyek strategis di lingkungan Dinas PUPR menyangkut sarana dan prasarana, seperti jalan yang strategis sesuai nominal nilai Rp 1 miliar. Pendampingannya mulai proses lelang sampai pekerjaan selesai.

Selain itu, tim ini tugasnya untuk memfasilitasi evaluasi setiap pekerjaan pembangunan, mulai preventif, kalaupun masih terjadi ada temuan tindak pidana maka diserahkan ranah penyidik.

“Jadi setiap tahapan pelaksanaan kita bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan dan pembangunan. Dengan begini, penyerapan anggaran bisa maksimal,” imbuhnya.

Ke Atas