Sosial & Budaya

Perkokoh Persatuan Antar Umat Beragama

Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tabalong menggelar Dialog Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Gedung Pusat Informasi Tanjung, Rabu 26 Juni 2019.

Kegiatan yang dihadiri puluhan umat beragama itu bertujuan untuk memperkokoh persatuan antar tokoh dan lintas agama yang ada di Kabupaten Tabalong.

Kasubag Tu Kemenag Kabupaten Tabalong, Sahidul Bahkri saat dikonfirmasi Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, bahwa saat ini kondisi antar umat beragama yang ada di Kabupaten Tabalong sangat baik dalam hal toleransi dengan sesama umat beragama.

“Peran tokoh lintas agama memiliki tanggung jawab yang penting, untuk bersama-sama membangun persatuan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Tabalong” ucap Shaidul.

Oleh karena itu, Sahidul meminta untuk terus mempererat kekompakan bersama jejaring antara umat beragama yang ada di Kabupaten Tabalong baik Agama Islam, Kristen, Hindu dan lainnya.

“Setiap tahun Kemenag Tabalong rutin melaksanakan dialog seperti ini. Namun tahun ini berbeda, karena peserta pada kegiatan ini berasal dari masyarakat biasa,” bebernya.

Dengan adanya dialog KUB itu, kata Sahidul, dapat mempererat lagi toleransi dan menjaga kondusifitas antar sesama umat beragama di Kabupaten Tabalong.

Sementara itu Perwira Seksi Teritorial Kodim 1008/Tanjung, Kapten Inf Fendri Riyanto memberikan wawasan tentang nilai – nilai kebangsaan dan nasionalisme.

“Karna besar tidaknya suatu bangsa itu tergantung dalam bangsa itu, di wawasan kebangsaan ini kita juga menyampaikan 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI” terangnya.

Menurutnya, di Kabupaten Tabalong sendiri penerapan 4 pilar ini sudah sangat baik dalam semua lini.

“Harapannya setelah kegiatan ini sesama umat beragama bisa menciptakan Kabupaten Tabalong yang lebih agamis, seperti motonya” ucap Fendri.

Ke Atas