Sosial & Budaya

Penerimaan Hasil Belajar, di Isi Dengan Khataman Alquran Pentas Seni & Bazzar

MediaCenter,Tabalong, – Berbeda dari biasanya, dimana setiap penerimaan hasil belajar atau rapor pada akhir semester hanya menghadirkan orang tua sebagai perwakilan siswa-siswi dalam mengambil hasil nilai belajar tesebut secara langsung.

Kali ini, SMA 1 Tanjung mencoba hal yang berbeda, di mana acara pengambilan hasil nilai belajar siswa-siswi dirangkai dengan meriah dan menghibur  yakni diisi dengan kegiatan seperti Khataman Al’quran, Pentas Seni dan Bazzar.

Kepala Sekolah SMA Negeri  1 Tanjung, Wagimin mengatakan kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan untuk tingkat SMA terutama di Kabupaten Tabalong, dimana ini merupakan salah satu program untuk pendidikan keluarga dari Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 30 Tahun 2017 yaitu pelibatan keluarga dalam satu bidang.

“ Jadi, kami di SMAN 1 Tanjung, kegiatan ini menjadi tahun pertama kalinya pelaksaan pelibatan keluarga dalam pendidikan sekolah diakhir ajaran, dan untuk Tabalong di tingkat SMA mungkin baru sekolah kami yang melaksanakan ini, “ Kata Wagimin kepada awak Media Center di Murung Pudak, Kamis (27/6).

Kendati demikian, Wagimin menambahkan  sebenarnya kegiatan ini adalah hajatan dari orang tua siswa yang dinamai dengan kelas orang tua, “ tujuanya supaya pelibatan keluarga dan sekolah bisa bersinergi yang akan menghasilkan prestasi dan karakter anak yang dikenal dengan Trias pendidikan antara masyarakat,keluarga dan sekolah, “ jelasnya.

Wagimin berharap agar kegiatan ini bisa dterus dilaksanakan dan dikembangkan di setiap sekolah mengingat ini bentuk pelibatan keluarga dalam sekolah yang sifatnya agar meningkatkan kualitas pembelajaran serta memberikan perilaku positif bagi siswa-siswi sendiri.

Lebih lanjut, dalam acara tersebut tampak kegembiraan, keceriaan dan keharuan para tamu undangan yang hadir melihat rangkaian tampilan acara para siswa-siswi yang menarik, diantara penampilan yang memukau adalah tari persembahan, Pentas Seni dan Khatam Al-Quran yang mengundang perhatian para tamu yang terdiri dari orang tua siswa-siswi SMAN 1 Tanjung kelas X dan XI.

Rina Haryani salah satu orang tua siswa SMAN 1 Tanjung saat menghadiri acara tersebut nampak senang, terlihat keceriaan diwajahnya ketika melihat berbagai tampilan dari siswa –siswi dari sekolah tersebut.

“ Saya sebagai orang tua menilai kegiatan ini sangat bagus, dan bisa menjadi contoh disekolah lainnya, kalau bisa setiap tahunnya harus ada terus kegiatan seperti ini,“ Kata Rina yang juga alumni sekolah tersebut.

Dirinya melihat dari berbagai rangkaian acara, seperti  khataman alquran, pentas seni, disamping ada stand pameran karya dan pameran kewirausahaan ini menjadi wadah penyaluran keterampilan para peserta didik. “ Sehingga hasil kreasi mereka bisa terlihat langsung oleh orang tua dan menjadikan sebagai satu kebanggaan sendiri bagi orang tua dan siswa.” Tutupnya. (MC Tabalong/Sy).

Ke Atas