Ekonomi & Bisnis

Bupati Tabalong Inginkan Penyuluh Pertanian Lebih Yakin dan Percaya Diri

MediaCenter,Tabalong – 160 Penyuluh dan petugas pertanian dari berbagai DPD  yang tergabung dalam Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kalimantan Selatan dan Tengah mengikuti  Seminar Pengelolaan Hayati Tanaman Hortikultura bagi Petani dan Penyuluh Pertanian.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) DPD Tabalong bersama Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong serta didukung pemkab Tabalong ini bertujuan bagaimana menghasilkan produksi tanaman holtikultura itu bisa meningkat serta bagaimana pengelolaan dan pengendalian hama penyakit yang ramah lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Perhiptani Tabalong, Yana Mulyana, Rabu (19/6) bertempat di Wisma Tamu Bersinar.

“Jadi seminar hari ini akan membahas terkait dengan pengelolaan penyakit Holtikultura yang dikendalikan secara hayati  serta bagaimana meningkatkan hasil produksi  tanaman holtikukutura secara organik ditingkat petani, ini juga menjadi tujuan lainnya dilaksanakan seminar ini, “Kata Mulyana.

Selain itu, menurut Yana kegiatan ini akan menjadikan sasaran dan referensi bagi para penyuluh pertanian maupun petugas di lapangan dalam memberikan penyuluhan kepada para petani bagaimana supaya produksi meningkat, bisa mendapatkan biaya murah dan aman dari pupuk kimia pestisida.

Terkait hal itu, Bupati Tabalong , H Anang Syakhfiani saat membuka acara tersebut sekaligus menjadi Keynote Speaker mengharapkan kepada para penyuluh pertanian bisa menumbuhkembangkan dan membangun kembali rasa percaya dirinya terhadap profesinya.

Hal tersebut, karena dalam pengamatan beliau, profesi sebagai penyuluh masih tidak yakin dan tidak punya rasa percaya diri, dan masih jalan ditempat. Ditambah beliau menginginkan ada sesuatu yang dibanggakan.

Oleh sebab itu, tambah Bupati, kalau profesi ini makin dihargai orang dan makin terhormat dan makin exist, maka kawan penyuluh sekalian harus menumbuhkembangkan kembali rasa percaya diri dari dalam.

“Caranya bagaimana, seminar seperti ini sering sering dilaksanakan, supaya apa, agar para penyuluh bisa memberikan kontribusi yang makin besar  terhadap upaya memacu percepatan pembangun pertanian di daerah masing masing, ” jelas Bupati.

Selebihnya, bupati juga meminta kepada penyuluh agar menjadi peniliti dan pengembangan (Litbang) di lokasi tugasnya bagi petani. (MC Tabalong/Sy).

Media Center Tabalong merupakan media daring yang menjadi jembatan penghubung informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, pemerintah dengan perangkat kerjanya dan informasi antar masyarakat.

Statistik Kunjungan

310646
Users Today : 354
Users Yesterday : 554
This Month : 16065
Total Users : 310646
Views Today : 803
Total views : 2048628
Who's Online : 6

Copyright © 2020 Media Center Tabalong | Designed by HS

Ke Atas
https://mc.tabalongkab.go.id/