Politik & Hukum

Banyak Warga Yang Tidak Tahu Akan Pentingnya Taat Berlalu lintas

Kesadaran lalu lintas di Kabupaten Tabalong masih rendah. Padahal hal ini sangat dibutuhkan dalam berkendara karena menyangkut keselamatan pengguna jalan raya.

Dan hal ini pula yang menyebabkan pelanggaran bahkan kecelakaan dalam lalu lintas yang berakibat fatal bagi pengendara tersebut.

Berkaitan dengan itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi rambu – rambu lalu lintas kepada pengendara di Jalan A. Yani persimpangan Bank BNI Tanjung, Jum’at 21 Juni 2019.

Untuk melihat perkembangan aktifitas masyarakat, petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong langsung turun ke lapangan menjaga beberapa titik rambu di sekitar lokasi.

Hasil Pantauan Media Center Tabalong, Irwin Apariadi, puluhan pengendara sepeda motor dan mobil terlihat banyak yang melanggar rambu lalu lintas. Seperti rambu dilarang memutar balik dan rambu satu arah.

“Sekitar 50 pengendara kedapatan melanggar rambu-rambu ini dan alasan mereka klasik yakni tidak melihatnya, tapi yang saya lihat mereka ingin enaknya saja sudah kebiasaan karna rambu itu dipastikan 20 meter sudah keliatan dari titik” terang Plt Kepala Dishub Tabalong, Zulfan Noor.

Kemudian bagi pengendara yang melanggar, petugas Dishub pun langsung memberikan tindakan berupa arahan agar tidak lagi melanggar rambu tersebut.

“Kita tegur dan kita beri tahu bahwa fungsi dari rambu ini” ucap Zulfan.

Zulfan mengatakan hari ini pihaknya mencoba untuk mensosialisasikan agar seluruh pengendara mengerti tentang rambu – rambu lalu lintas tersebut.

“Kami berharap nantinya seluruh pengendara mentaati seluruh rambu dimana boleh berputar dimana tidak boleh berputar dan juga rambu – rambu lainnya” ucapnya.

Kedepannya sosialisasi ini akan terus berlanjut, nantinya Dishub akan bekerjasama dengan Polres Tabalong untuk melakukan tindakan tegas bagi pengendara yang melanggar rambu – rambu lalu lintas tersebut.

“Apabila nanti kedepannya tetap melakukan pelanggaran kami bersama Polres Tabalong akan melakukan penindakan, karna Ini sangat penting demi keamanan dan kenyamanan serta keselamatan bagi si pengendara sendiri” bebernya.

Ia pun berharap kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Tabalong khususnya pengendara untuk menaati seluruh rambu – rambu yang sudah terpasang dan mengerti akan semua fungsi rambu tersebut.

“Jadi kita juga menghimbau untuk kelengkapan – kelengkapan lainnya baik itu kelengkapan kendaraan maupun surat menyuratnya untuk bisa dilengkapi juga” pungkasnya.

Ke Atas