Kesehatan

Vaksinasi Hewan Peliharaan Gratis Diprakarsai Dinas Pertanian

Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menggelar vaksinasi hewan peliharaan gratis di Pasar Barunak Tanjung, Selasa 18 Juni 2019.

Pantauan Media Center Tabalong, Irwin Apriadi di lokasi, warga antusias membawa binatang peliharaan seperti kucing.

Lebih dari ratusan berbagai jenis kucing yang di vaksinasi oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong ini.

Kepala Seksi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat, Suwandi menuturkan, warga yang memiliki bintang kesayang ataupun peliharaan bisa membawa ke Barunak untuk mengecek kesehatannya.

“Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong menggelar melaksanakan kegiatan bakti sosial. Adapun bakti sosial ini adalah pelayanan kesehatan hewan. Bisa kucing, bisa anjing dan ayam,” katanya.

Pelayanan yang ditangani kami (Dinas Pertanian Tabalong), sambung Suwandi, peliharaan yang terkena rabies, peliharaan yang tidak mau makan dan kucing yang jamuran.

“Apapun keluhan dari pecinta binatang bisa membawa ke sini. Siap kami layani,” tegasnya.

Untuk syaratnya warga yang ingin melakukan pengecekan kesehatan cukup mencantumkan kartu tanda penduduk (KTP) Tabalong.

Soalnya saat kami share di Facebook, banyak warga luar Tabalong yang ingin mengantar binatang peliharaannya. “Kami prioritakan asli Bumi Sarabakawa dulu,”bebernya.

Adapun binatang yang dibawa hendaknya menggunakan pet cargo (kandang) guna menghindari peliharaan tersebut kabur dan membahayakan diri saat dibawa.

“Pelayanan dimulai pukul 9 pagi sampai pukul 12 siang. Yang dilaksanakan selama 1 hari,” ucapnya.

Untuk hari biasa siapapun yang ingin membawa binatang peliharaannya bisa membawa ke UPT pusat Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabalong yang berlokasi di Mabuun.

“Hari hari biasa bisa kita kenakan tarif untuk pergantian obat. Karena obatnya terbatas,” pungkasnya.

Ke Atas