Pedidikan

Ujian Semester, SMKN 1 Tanjung Pakai Handphone

Handphone sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari hari sebagai alat komunikasi jarak jauh.

Tapi kali ini berbeda, Handphone tidak cuma digunakan  untuk mengirim pesan maupun telponan.

Seperti halnya dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjung, Handphone digunakan siswa mereka untuk menjawab soal soal ujian akhir semester.

Pelaksana Ujian Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2018/2019, Hasymi Hidayat menuturkan, SMK Negeri 1 Tanjung sejak hari kemarin, Kamis 13 Juni 2019, sudah melaksanakan ujian untuk kenaikan kelas berbasis android.

” Kenapa kita katakan berbasis android, karena kali ini siswa siswi SMK Negeri 1 Tanjung saat ujian tidak lagi menggunakan komputer ataupun laptop. Namun menggunakan Handphone sebagai media utamanya,” ucapnya kepada Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, di SMK Negeri 1 Tanjung, Jumat 14 Juni 2019.

Jumlah siswa yang mengikuti ujian tersebut, kata Hasymi, sebanyak 1383 orang dari kelas 10 dan 11.

“Siswa yang saat ini lagi prakerin atau magang sekolah juga turut serta mengikuti ujian berbasis android,” katanya.

Untuk teknisnya, beber Hasymi, menggunakan dua cara yakni intranet (jaringan lokal) dan Internet bagi siswa prakerin.

“Ujian ini dilaksanakan di 12 ruang kelas dan untuk pembagian ujian sendiri di bagi menjadi empat sesi dengan waktu ujian masing – masing sesi selama 1 jam dalam satu mata pelajaran,” katanya.

Pembagiannya sendiri, Hasmi merinci, sesi satu dan dua di isi kelas 10 selanjutnya sesi tiga dan empat di isi kelas 11 dan ujian ini dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 13 Juni sampai 21 Juni 2019.

“Server yang di gunakan selama ujian berlangsung berjumlah  tujuh server dengan rincian satu server digunakan untuk satu lokal,” bebernya.

Adapun sistem yang digunakan yaitu sistem Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan aplikasi exambro.

Ke Atas
Konten Dilindungi!