Pedidikan

Berkunjung ke Tabalong Komisi III Anggota DPRD Kabupaten Banjar Berharap Dapat Menerapkan Master Plan Juga

Tabalong, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten Tabalong kedatangan tamu dari Komisi III DPRD Kabupaten Banjar dengan agenda tentang Sarana dan Prasarana Infrastruktur Pendidikan di Aula Penghulu Rasyid Setda Kabupaten Tabalong. Rabu, (29/5/2019).

Kunjungan ini dinilai oleh Khairil Anwar selaku ketua Komisi III DPRD dapat memberikan manfaat untuk bisa diterapkan di Kabupaten Banjar, karena melihat kondisi pendidikan Kabupaten Tabalong yang sudah cukup maju.

“Melihat kondisi sekolah kami di Kabupaten Banjar masih ada Infrastruktur yang belum layak, baik sarana dan prasarana sehingga dengan kunjungan kami ke Tabalong ini diharapkan ada solusi  untuk dijadikan pedoman di Kabupaten Banjar.” Ujar Khairil.

Menurutnya dengan keterbatasan anggaran sebesar 20% dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sudah termasuk gajih dan sertifikatfikasi guru, menghambat untuk dapat anggarkan Infrastruktur sarana dan prasarana yang lengkap untuk pendidikan.

Keinginannya pula Master Plan dapat diterapkan di Kabupaten Banjar yang bekerja sama dengan SKPD lain dalam pembangunan seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kemudian dalam pembahasan Master Plan, Kabupaten Tabalong telah menjalankan tiga hal yaitu Sanitasi, Sapras dan Transportasi Pelajar.

Sekretaris Dinas Pendidikan Herwandi menyampaikan bahwa pembangunan Infrastruktur dari tahun ke tahun meningkat, karena pemerintah daerah Kabupaten Tabalong memberikan bantuan 26% melalui BAPPEDA (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) langsung yang sudah termasuk gajih, sertifikasi guru dan pembangunan Infrastruktur.

Point ke dua ia menyampaikan Pemkab Tabalong juga memberikan bantuaan pembangunan Infrastruktur khususnya ke Madrasah.

“Tetapi, pemerintah daerah menurut wewenang dan peraturan yang berlaku, tidak bisa memberikan secara langsung kepada Madrasah, maka bantuannya diberikan secara hibah.” Ujarnya.

H. M. Aberani Aberar selaku Asisten Bidang Adminitrasi dan Sumber Daya Manusia Setda Tabalong mengatakan dengan adanya kunjungan ini dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa belajar bersama.

“Kita bisa belajar, mengisi bersama dan saling bertukar pikiran,” ujarnya. MC Tabalong/Maimun.

Ke Atas