Politik & Hukum

Puluhan Sopir Angkutan Umum di Tabalong Dites Urin

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tabalong, Dinas Perhubungan, dan Polres Tabalong menggelar tes urin dan ramp check (inspeksi keselamatan) di Terminal Mabuun, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu 29 Mei 2019.

Kepala BNN Kabupaten Tabalong AKBP Husni Thamrin mengatakan, tes urine menjadi agenda rutin tiap tahun yang menyasar sopir-sopir angkutan umum maupun angkutan dari pemerintah. Kegiatan ini digelar dalam menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Dari hasil pemeriksaan urin terhadap 18 sopir, pihaknya tak menemukan satu orang pun yang positif menggunakan obat-obatan terlarang. “Kebetulan yang kami lakukan pada saat itu Alhamdulillah tidak ada yang positif,” ucap Husni Thamrin kepada Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, Rabu 29 Mei 2019.

Pihaknya memastikan tak ingin kecolongan sebagai antisipasi terjadi kecelakaan karena faktor penyalahgunaan narkoba. Kalaupun ditemukan sopir yang positif mengonsumsi narkoba, BNN akan melakukan pendalaman apakah yang bersangkutan pengguna baru atau lama.

Apabila terbukti sebagai pengguna lama, BNN Tabalong mengarahkan untuk dilakukan rehabilitasi dan ditelusuri asal muasal obat-obatan yang diperolehnya.

“Kalau misalkan nanti ini betul dia sebagai pengguna, tetap akan kami sarankan bersangkutan direhabilitasi, kalau dia pengguna yang cukup lama,” ungkapnya.

Ke Atas