Khas Daerah

Tahun Ini Pawai Talinting Semakin Ramai

MediaCenter,Tabalong – Sebanyak 35 grup yang berjalan beriringan mengalunan musik sahur menjadi sumber kemeriahan pawai talintingan yang dilaksanakan di Halamn Kantor BPR, Tanjung, Senin (27/5/2019).

Dengan menggunakan peralatan seadanya seperti galon air, drum, ember, botol kaca, jirigen serta barang bekas lainnya para peserta unjuk kebolehannya dalam bermusik dihadapan para juri agar suara yang dihasilkan menjadi alunan musik yang indah.

Alunan musik, para peserta yang didominasi oleh anak muda tersebut juga menampilkan kostum – kostum yang unik, tidak hanya didominasi oleh remaja pria, tampak juga beberapa remaja wanita juga turut ambil bagian dalam kegiatan pawai bagarakan sahur ini.

Adapun jalur pawai yang dilalui oleh peserta pawai adalah area sekitar taman kota tanjung.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Tabalong Masdulhak Abdi, mengatakan lomba pawai talintingan ini merupakan yang kedua kalinya yang sudah pernah pihaknya selenggarakan.

“Tahun 2018 kemarin kita gelar juga, Alhamdulillah untuk tahun ini peningkatan jumlah peserta, kalau tahun dulu ada 25 kalau tahun ini ada 35,” katanya.

Wakil Bupati Tabalong, Mawardi yang mengangkat garis start sebagai tanda dimulainya pawai ini menilai bahwa Pawai ini merupakan seni kebudayaan banjar yang banyak sekali mengandung nilai-nilai kebaikan dan mencerminkan karakter masyarakat banjar yang islami. Ia pun mengapresiasi dengan adanya pawai tersebut sehingga seni dan budaya lokal tidak hilang ditelan zaman.

“Seni dan budaya lokal yang kita miliki juga tetap dikenal anak cucu generasi penerus kita.” Tuturnya.

Untuk menambah semangat para peserta, panita pun telah menyiapkan tropi dan sejumlah uang tunai dengan total Rp9 juta yang masing – masing akan di berikan kepada juara pertama sebesar Rp2,5 juta, lalu juara kedua sebesar Rp2 juta 250 ribu, dan juara ketiga senilai Rp2 juta, serta juara harapan satu sebesar Rp1 juta 250 ribu dan terakhir juara harapan dua sebesar Rp1 juta. (MC Tabalong/Mona).

Ke Atas