Ekonomi & Bisnis

10 Hari Sebelum Lebaran, Bahan Pokok Masih Stabil

Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi bersama Kementerian Perdagangan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Tanjung pada Senin pagi 27 Mei 2019.

Sidak digelar untuk mengecek harga kebutuhan sembilan bahan pokok di pasar dan ketersediaan stok barang jelang Idul Fitri 1440 Hijriah. Menurut Mawardi, kebutuhan pokok di Pasar Tanjung terpantau stabil menjelang Idul Fitri.

“Mudah-mudahan pada saat lebaran dan sesudah lebaran bahan pokok tetap stabil,” kata H Mawardi kepada Media Center Tabalong, Irwin Apriadi, Senin 27 Mei 2019.

Untuk stok kesediaan barang Mawardi menjamin masih dalam keadaan aman, bahkan sampai lebaran nanti. Mengacu data di Pasar Tanjung, harga bawang putih kisaran Rp 35 ribu, menukik turun dari harga di awal Ramadan yang mencapai Rp 100 ribu perkilogram.

“Kami akan bekerjasama memantau harga bahan pokok dan stok ketersediaan barang bersama dengan dinas terkait,” Mawardi berkata.

Staf Direktorat Kementerian Perdagangan, Rendra mengatakan, berdasarkan hasil informasi dari para pedagang, untuk stok ketersediaan bahan pokok di Pasar Tanjung masih aman dan harga masih stabil.

“Harga bahan pokok stabil dan stoknya cukup untuk lebaran, bahkan sampai pasca lebaran,” katanya. Rendra memang berfokus memantau bawang putih karena sempat harganya melonjak signifikan di tengah minim stok ketika Ramadan ini.

“Sekarang harga bawang putih sudah 35 ribu rupiah. Itu sudah sesuai harga nasional,” bebernya.

Ke Atas