Sosial & Budaya

Peringatan Hari Bumi Menuju Tabalong Bersih dan Hijau

MediaCenter,Tabalong – Halaman Parkir Bandara Warukin menjadi tempat dilaksanakan peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Dimana Bandara Warukin sendiri merupakan salah satu tempat yang menjadi agenda dalam penanaman pohon, sebanyak 300 pohon peneduh sudah disiapkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowie Rawatianice mengatakan pemilihan bandara warukin menjadi tempat pelaksanaan acara Peringatan Hari Bumi Sedunia karena ingin sekaligus mengekspose Bandara yang ada di Tabalong.

“Kenapa dilaksanakan disini, karena tanpa sengaja kita ingin mengekspos keberadaan bandara warukin yang sudah mulai beroperasi, sekaligus melihat fasilitas bandara itu ,ini bentuk muatan lainnya dari kegiatan ini, ” ujar Rowie.

Terlepas dari itu, inti dari kegiatan ini, kata Rowie, bahwa sebenarnya peringatan hari bumi ini sesuai tema yakni bagaimana kita berinteraksi dengan bumi.

Dimana bisa dilihat bahwa secara umum kualitas lingkungan semakin hari semakin menurun akibat bertambahnya jumlah penduduk dan juga perilaku masyarakat itu sendiri.

” Jadi caranya sendiri dalam berinteraksi dengan alam, kita bisa melakukan diet kantong plastik, selain itu dengan penanaman , yaitu warga turut serta menanam pohon ,idealnya satu orang minimal dua pohon, karena dua pohon itu diperhitungkan mampu menyediakan oksigen bagi orang tersebut.” Jelasnya.

Sementara itu, diacara yang sama, Bupati Tabalong , H Anang Syakhfiani saat ditemui awak media mengatakan dengan peringatan Hari Bumi ini, Pemda akan terus memberikan dukungan dalam upaya membangun sektor lingkungan hidup khususnya di Tabalong.

Untuk mewujudkan itu, ujar Bupati Anang hendaknya upaya itu dilakukan secara bersama – sama, baik dengan stakeholder dan mitra kerja terkait lainnya, sebab upaya yang dilakukan Pemda tidak akan berhasil tanpa dukungan mereka.

” Dan alhamdulilah dukungan mereka cukup besar dari tahun ke tahun ada peningkatan, dan ini kita bisa lihat sekarang, ini bentuk kerjasama kita dalam mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang baik di Kabupaten Tabalong.” Pungkasnya.

Sebagai informasi, Adapun target penanaman pohon yang ingin dicapai di tahun 2019 sebanyak 5000 pohon peneduh ,yakni pohon trembesi, Angsana, dan Mahoni.

Sedangkan tempat yang sudah ditanami pohon diantaranya, dimulai pertigaan Islamic Center sepanjang jalan menuju pengajian Guru Danau sebanyak 750 pohon, TPA Bongkang ada 250 Pohon, dan 130 di Kecamatan Banua lawas.

Total dari bulan Januari sampai bulan April ada 1.430 pohon yang sudah ditanam, dan masih bersisa sebanyak 3.570 pohon , dan ini akan diselesaikan di Tahun 2019 dengan lokasi target utama sepanjang jalan dari hotel Aston sampai batas kota kabupaten Balangan, dan dilanjutkan ke arah perbatasan Kaltim.(MC Tabalong/Sy).

Ke Atas